Windows 10 Anniversary Update sudah hadir!

Windows 10 Logo1 tahun sudah Windows 10 hadir di tengah-tengah kita. Penulis sudah merasakan setiap fase update dan upgrade terhadap Windows 10 dengan berbagai macam pengalaman menarik. Pada awal kehadirannya, Windows 10 sempat memiliki beberapa bugs serius yang cukup mengganggu namun secara perlahan mulai berkurang sejalan dengan beberapa update yang diberikan Microsoft kepada para pengguna setianya. Kemudian pada bulan November tahun 2015 yang lalu, melalui sebuah upgrade besar yang kali ini tidak lagi disebut dengan istilah Service Pack, Windows 10 mulai terasa menjadi sebuah sistem operasi yang menyenangkan untuk digunakan. Upgrade bulan November tersebut membuat Windows 10 berjalan jauh lebih stabil, lebih mulus, dan lebih cepat. Namun, Microsoft tidak berpuas diri, mereka berjanji untuk selalu memberikan perbaikan terhadap kinerja dan kestabilan produknya serta menambahkan beberapa fitur penting yang dirasakan bermanfaat bagi para pengguna sistem operasinya.

Janji Microsoft bagi para pengguna setia Windows 10, salah satunya dibuktikan dengan cara  diluncurkannya Windows 10 Anniversary Update mulai hari ini (Waktu Indonesia). Windows 10 Anniversary Update ini menjanjikan kinerja dan kestabilan yang jauh lebih baik serta penambahan beberapa fitur yang berhubungan dengan keamanan dan kemudahan penggunaan. Begitu banyak perbaikan dan penambahan fitur yang diberikan Microsoft pada update kali ini, namun hanya beberapa fitur menonjol yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Windows Ink merupakan fitur pertama yang menjadi andalan Anniversary Update ini. Windows Ink ditujukan bagi para pengguna yang memiliki perangkat tablet ataupun laptop 2-in-1 yang dilengkapi dengan stylus, dengan Windows Ink maka stylus dapat digunakan untuk membuat catatan kecil, sketsa, ataupun menggambar ilustrasi. Sticky Note pintar juga dapat dibuat dengan coretan stylus yang dapat menterjemahkan tulisan tangan menjadi sesuatu yang dimengerti oleh sistem operasi, seperti pengingat jadwal misalnya.

Fitur kedua berhubungan dengan keamanan sistem. Windows Defender, yang telah hadir sejak Windows 8.x, kini sudah semakin disempurnakan dengan hadirnya opsi penjadualan otomatis Quick Scan untuk memastikan PC dan notebook penggunannya bebas dari malware dan selalu memiliki anti-malware yang up-to-date.

Browser Microsoft Edge kini sudah semakin efisien, sehingga daya tahan baterai pada laptop akan semakin baik. Tidak lupa pula, Edge kini sudah mendukung extensions seperti para pesaingnya. Extensions untuk Microsoft Edge, seperti contohnya Pinterest Pin It Button, Amazon Assistant, AdBlock, Adblock Plus, LastPass dan banyak lainnya, akan tersedia melalui Windows Store.

Cortana, fitur asisten pintar Windows 10, kini siap membantu penggunanya pada lock-screen Windows 10, sehingga pengguna dapat bertanya, meminta Cortana memainkan musik, ataupun membuat pengingat jadual tanpa harus membuka kunci layar terlebih dahulu. Sayangnya, sampai dengan update kali ini, Cortana masih belum tersedia untuk wilayah Indonesia. Kita masih harus bersabar lagi.

Windows Store kini menjadi titik sentral aplikasi Windows 10, Windows 10 Mobile, dan Xbox. Aplikasi games dan office, lagu dan film kini tersedia di satu Windows Store. Dan asyiknya lagi, games yang dibeli di Windows Store nantinya akan dapat dimainkan baik itu pada PC ataupun pada Xbox yang dimiliki oleh pembaca tanpa harus membeli nya secara terpisah.

Skype Preview juga sudah disempurnakan pada update kali ini, seluruh fitur chat, group chat, video call, group video call, serta fitur kolaborasi lainnya sudah langsung tersedia pada Windows 10 Anniversary Update.

Start Menu pada Windows 10 Anniversary Update juga sudah disempurnakan. Kini tampilannya terbagi menjadi tiga bagian, paling kiri adalah menu shortcut, lalu ada menu aplikasi yang kini langsung menampilkan daftar aplikasi secara lengkap, serta paling kanan berisi aplikasi universal dengan tampilan tile nya seperti pada gambar di bawah ini:

Start Menu Windows 10 Anniversary Update

Start Menu Windows 10 Anniversary Update

Oh ya, bicara soal performa, Microsoft menyebutkan bahwa waktu boot Windows 10 Anniversary Update ini lebih cepat sekitar 20% dibandingkan dengan Windows 10 versi sebelumnya. Sebuah angka yang lumayan signifikan, walaupun memang penulis belum sempat mencoba nya mengukurnya sendiri.

Ingin segera merasakan sensasinya? Jangan khawatir, karena Windows 10 Anniversary Update ini akan secara otomatis terinstall pada PC ataupun laptop Windows 10. Namun bagi pembaca yang sudah tidak sabar untuk segera mencobanya, Windows 10 Anniversary Update dapat di install dengan masuk ke menu Settings > Updates & Security > Windows Update, lalu klik Check for Updates. Anniversary Update akan muncul sebagai Feature update to Windows 10, version 1607. Klik Update untuk mendownload update tersebut. Luangkan waktu sekitar 1 sampai dengan 2,5 jam bergantung kepada kecepatan koneksi Internet serta kecepatan komputer pembaca.

Bagi para pembaca yang mengetahui lebih lanjut mengenai fitur Windows 10 Anniversary Update ini, simak video nya di bawah ini:

(sumber: windows.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s