Download.com (sempat) disusupi aplikasi yang mengandung malware

Malware

Kenal situs download.com? bagi pembaca yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, kemungkinan besar sudah pernah mengunduh aplikasi freeware, shareware, ataupun trial dari situs ini. Download.com merupakan salah satu situs terpercaya dimana kita dapat mengunduh aplikasi aplikasi berkualitas.

Namun sepertinya, tingkat kepercayaan penulis  terhadap download.com akan sedikit berkurang setelah mendapatkan informasi yang menyebutkan bahwa salah satu pembuat software yang mengupload softwarenya ke download.com ternyata mengisinya dengan malware dan browser-hijacking.

Lavians Inc., demikian nama sang pembuat software yang disebut-sebut oleh Santosh Revankar dari McAfee, ternyata sudah mengupload 19 software yang berisikan malware yang merusak browser dan kemudian menawarkan perbaikannya dengan biaya tertentu. Jika software ini telah terpasang pada komputer pengguna, maka software tersebut akan mengambil alih browser untuk menampilkan situs serta iklan yang mengganggu, sebuah metode yang memang paling sering digunakan para pembuat software nakal untuk mendapatkan uang dengan cepat.

McAfee lebih lanjut menyarankan agar pengguna PC menghindari mendownload software apapun yang berasal dari Lavians Inc. ini. Selain mengupload ke-19  softwarenya ke download.com, Lavians Inc. juga telah mengupload 24 software nya ke brothersoft.com, dan mungkin juga ke situs-situs download lainnya, jadi sebaiknya pembaca selalu berhati-hati dalam mengunduh software dari Internet.

Update! Ketika tulisan ini dimuat, download.com sepertinya sudah bertindak dengan cepat, karena software-software yang berasal dari Lavians Inc. sepertinya sudah tidak lagi tersedia di server mereka. Bravo download.com!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s