Intel membuka diri! kini pabrik chip mereka akan mulai memproduksi chipset berbasis ARM!

IntelSetelah sekian lama, akhirnya apa yang pernah penulis perkirakan menjadi kenyataan. Intel menyatakan bahwa mereka  sudah menandatangani perjanjian kerjasama dengan ARM yang memungkinkan Intel memproduksi chipset berbasis ARM untuk perangkat mobile dan IoT pada fasilitas produksi mereka. Pada tahap awal ini, Intel menyatakan bahwa mereka akan memproduksi chipset berbasis ARM untuk beberapa vendor eksternal seperti LG Electronics, Spreadtrum, Achronix Semiconductor, Netronome, dan Altera.

Tidak tanggung-tanggung, Intel membuka keran proses produksi chip nya mulai dari proses 22nm sampai dengan yang tercanggih 10nm yang akan digunakan oleh LG Electronics. Berita ini tentunya sangat membuat kaget kalangan pabrikan chipset dan gadget dunia, bagi para pembuat chipset, ini berarti bahwa cepat atau lambat mereka akan menghadapi persaingan keras dengan Intel, sedangkan bagi para pembuat gadget skala besar seperti Apple, “keterbukaan” Intel dapat berarti peluang untuk memindahkan sebagian atau seluruh proses produksi chipset yang mereka desain ke sebuah perusahaan yang memiliki proses fabrikasi chipset yang paling canggih di dunia.

Namun hati-hati, karena dalam beberapa waktu kedepan, Intel pun berpotensi mendesain sendiri chipset berbasis ARM nya, seperti yang telah dilakukan oleh Qualcomm, Samsung dan Apple. Dengan kapabilitas dan pengalaman engineering yang Intel sudah miliki, bukan tidak mungkin, chipset ARM yang didesain Intel akan memiliki performa yang setara atau lebih dari apa yang dicapai para pesaing utamanya. Akankah nama Intel menjadi nama yang mencuat sebagai pemimpin chipset berbasis ARM? kita lihat saja sepak terjang Intel dalam beberapa tahun ke depan ini. Wish you the best of luck, Intel!

(sumber: intel.com,  thenextweb.com, dan phonearena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s