nVidia memperkenalkan GPU mobile dengan performa setara GPU desktop

GTX Mobile

Sejak awal diperkenalkan, chip GPU atau pemroses grafis yang terpisah pada laptop selalu memiliki performa yang jauh lebih inferior jika dibandingkan dengan versi desktopnya. Hal ini salah satunya disebabkan karena ruangan internal laptop yang lebih kecil sehingga para produsen chip GPU terpaksa melakukan pengurangan fitur ataupun kecepatan operasi chip yang mereka buat agar dapat beroperasi dengan aman tanpa membuat laptop menjadi panas.

Namun nVidia, salah satu produsen chip GPU terbesar, ternyata berhasil membuat chip GPU mobile yang memiliki performa setara dengan versi desktop nya, chip tersebut dinamakan GeForce GTX 1060, GTX 1070, serta yang tertinggi GTX 1080. Perhatikan bahwa dalam penamaan pun nVidia tidak mencantumkan huruf M (mobile) pada produk chip terbaru mereka ini, berbeda dengan produk sebelumnya yang selalu mencantumkan huruf M untuk menandakan bahwa produknya didesain untuk perangkat mobile. Penghapusan huruf M ini sepertinya dilakukan nVidia untuk meyakinkan para penggunanya bahwa performa chip GPU mobile ini setara dengan GPU desktopnya. Kalau toh ada perbedaan, nVidia menyebutkan bahwa perbedaannya tidak akan lebih dari 10%, sebuah angka yang tidak teralu signifikan mengingat chip ini harus bekerja pada ruangan yang lebih sempit dan (berpotensi) lebih panas.

GeForce GTX terbaru ini menggunakan arsitektur Pascal yang sama dengan versi desktop terbarunya. Dengan kehadiran chip GPU terbaru dari nVidia ini, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, akan banyak bermunculan notebook-notebook tipis yang siap melayani aplikasi berat dengan resolusi tinggi dan siap mendukung aplikasi VR (Virtual Reality) yang sedang booming saat ini. nVidia dalam pernyataan terpisahnya menyebutkan bahwa chip GPU terbarunya ini dapat menjalankan game terbaru dengan kecepatan 120 fps pada resolusi 1080p dan 60 fps pada resolusi 4K.

Beberapa situs telah melakukan benchmark awal terhadap GPU mobile nVidia ini, seperti yang dilakukan tomshardware.com di bawah ini:

Hasil uji chip nVidia GTX mobile - tomshardware.com

Hasil uji chip nVidia GTX mobile – tomshardware.com

 

Hasil uji chip nVidia GTX mobile - tomshardware.com

Hasil uji chip nVidia GTX mobile – tomshardware.com

Dari hasil beberapa test di atas, terbukti bahwa klaim nVidia ternyata bukanlah omong kosong belaka. Performa chip grafis mobile terbarunya ternyata memang sangat dekat dengan versi desktop nya. Sungguh suatu pencapaian yang luar biasa dari nVidia, tidak heran jika kemudian banyak pabrikan notebook yang sudah antri untuk mengimplementasikan solusi nVIdia ini pada notebook baru mereka. Lalu bagaimana dengan AMD? akankah AMD memberi perlawanan terhadap nVidia? kita tunggu saja apakah arsitektur Polaris milik AMD akan mampu memberikan perlawanan sengit nantinya.

(sumber: cnet.com dan tomshardware.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s