Sebelum membeli charger USB Type-C, pastikan logo ini ada pada boks ataupun produknya

Konektor USB Type-C

Konektor USB Type-C

USB Type-C merupakan standar konektor USB terbaru yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan standar USB sebelumnya. Selain fisik konektor yang lebih kecil, USB Type-C juga dapat mengalirkan daya cukup besar sehingga dapat digunakan sebagai charger bagi perangkat-perangkat yang memiliki konsumsi daya besar.

Namun pada implementasinya, beberapa pabrik pembuat charger USB Type-C terkadang melakukan pengurangan komponen ataupun memilih komponen yang berharga murah untuk menekan biaya produksi. Hal ini dinilai cukup berbahaya karena USB Type-C didisain untuk dapat menghantarkan daya listrik besar sehingga dengan jika dibuat dengan kualitas seadanya maka potensi kerusakan terhadap perangkat yang terhubung menjadi nyata.

Atas dasar ini, USB-IF (USB Implementers Forum), membuat sebuah program sertifikasi bagi para produsen charger (dan kabel) USB Type-C dimana jika lolos proses sertifikasi, maka produsen tersebut berhak untuk menampilkan logo “Certified USB Charger” pada produk yang dihasilkannya. Sebagai konsumen, kita pun diuntungkan dengan adanya program sertifikasi ini, karena dengan membeli charger tersertifikasi, maka ada jaminan kualitas dan keamanan produk yang lebih pasti. Jadi sebelum membeli charger USB Type-C, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa chargernya sudah tersertifikasi dan dilengkapi logo seperti di bawah ini:

Certified USB

(sumber: phonearena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s