Processor AMD Zen sudah (hampir) tiba!

Sejak jaman dahulu AMD masih berjaya dengan chip AMD K5 dan K6-nya sampai dengan processor seri A dan FX terbarunya, penulis bisa dibilang termasuk sering membeli PC ataupun Notebook berbasis AMD. Tidak, tidak, penulis bukan loyalist AMD karena penulis juga membeli PC dan Notebook berbasis Intel, hanya saja PC dan Notebook AMD biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dengan kapabilitas yang cukup baik. Sayangnya kalau bicara mengenai performa murni, sejak Intel menelurkan arsitektur Core nya, AMD tidak bisa berbicara banyak, dengan frekuensi kerja yang lebih tinggi pun AMD tekuk lutut terhadap performa processor Core Intel. Tahun demi tahun AMD hanya dapat melakukan perbaikan minor pada desain processornya dengan peningkatan performa yang juga terbilang minor. Namun akhir tahun ini dan awal tahun depan, sepertinya akan ada perubahan besar pada AMD, karena processor berbasis desain Zen sudah siap hadir. Zen merupakan desain processor terbaru AMD yang dibuat dari nol dengan tujuan jelas, performa tinggi dengan efisiensi daya yang juga tinggi.

Instruction Per Clock Zen yang lebih cepat dari pendahulunya

Instruction Per Clock Zen yang lebih cepat dari pendahulunya

Baru-baru ini, melalui undangan terbatas, AMD memperkenalkan processor berbasis Zen yang diberi kode Summit Ridge. Summit Ridge merupakan processor terbaru AMD untuk kelas desktop. Yang menarik, pada event kali ini, AMD bukan hanya sekedar menampilkan slide-slide presentasi, namun juga mendemonstrasikan processor Summit Ridge mereka yang dibandingkan dengan processor Intel i7-6900K.

CPU "Zen" Summit Ridge

CPU “Zen” Summit Ridge – tomshardware.com

Summit Ridge yang didemonstrasikan merupakan processor dengan 8 core 16 thread berkecepatan 3 GHz yang dibuat dengan proses fabrikasi 14nm. Begitu pula dengan processor Intel i7-6900K yang disandingkannya, sama sama merupakan procesor 8 core 16 thread namun dengan frekuensi kerja yang diturunkan menjadi 3 Ghz (dari awal 3,2 GHz) untuk perbandingan yang lebih adil menurut AMD. Summit Ridge nantinya akan disandingkan dengan chipset AM4 yang mendukung DDR4, PCIe 3.0, Next-Gen I/O, USB 3.1 Gen 2, NVMe dan SATA Express.

Demonstrasi PC yang menggunakan Summit Ridge

Demonstrasi PC yang menggunakan Summit Ridge – tomshardware.com

Software Blender digunakan untuk merender gambar 3 dimensi pada kedua PC yang didemonstransikan, dan hasilnya cukup memberikan harapan positif, PC yang dilengkapi dengan processor Summit Ridge milik AMD mampu menyelesaikan proses rendering dengan waktu yang sedikit lebih cepat daripada PC dengan Intel i7, perbedaannya tidak terlalu kentara memang, tapi mengingat bahwa performa processor AMD sebelumnya sangat timpang bila dibandingkan dengan processor Intel, maka hasil test dari processor berbasis arsitektur Zen ini sudah tentu membuat para pemerhati AMD terlepas dari rasa kantuknya.

AMD lebih lanjut mengatakan bahwa selain processor untuk Desktop PC, yang akan mulai tersedia di pasaran pada kuartal pertama 2017, mereka juga menyiapkan processor Server mereka, Naples, pada kuartal kedua 2017 nanti. Processor Naples merupakan processor untuk server yang memiliki 32 core dan 64 thread, sayangnya belum ada informasi detail dari AMD mengenai processor Naples ini.

Jawaban AMD untuk pasar Server, AMD Naple

Jawaban AMD untuk pasar Server, AMD Naple – tomshardware.com

Bagaimana dengan APU (Processor yang juga dilengkapi dengan GPU Internal)? Jangan khawatir, AMD tidak melupakannya. APU dengan basis desain Zen akan mulai tersedia pada paruh kedua tahun 2017 nanti. Mari kita berharap bahwa kali ini AMD akan memiliki kesempatan untuk melawan kedigdayaan Intel. Intel sudah terlalu lama mendominasi pasar processor untuk PC dan Notebook, sudah saatnya mereka mendapatkan tantangan baru untuk saling berlomba berinovasi lagi. Welcome to the war, AMD!

(sumber: tomshardware.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s