Apple-I, dibuang sayang?

Komputer Apple-I merupakan komputer pertama yang dibuat Apple melalui tangan dingin Steve Wozniak dan dipasarkan oleh Steve Jobs merupakan sebuah breakthrough pada jamannya (tahun 1976). Apple-I dilengkapi dengan processor MOS 6502 dengan kecepatan 1 MHz (ya, MHz, bukan GHz), memori RAM standar 4 KB yang dapat dikembangkan menjadi 48 KB. Untuk ukuran saat ini, spesifikasinya terlihat menyedihkan memang, bahkan jika dibandingkan dengan sebuah smartphone kelas low-end sekalipun. Namun nilai sejarah  Apple-I dapat dibilang jauh dari kata menyedihkan.

Apple I - Charitybuzz

Apple I (sumber foto: Charitybuzz)

Pada sebuah acara lelang hari Kamis yang lalu di Amerika Serikat, sebuah komputer Apple-I terjual dengan harga US$ 815 ribu atau sekitar  10,6 miliar rupiah. Sebuah harga jual yang sangat fenomenal walaupun belum berhasil memecahkan rekor harga jual Apple-I pada tahun 2014 yang mencapai harga US$ 900 ribu atau sekitar 11,7 miliar rupiah.

Pihak pelaksana pelelangan menyebutkan bahwa sepuluh persen dari hasil lelang ini akan diserahkan kepada Leukemia and Lymphoma Society.

Video menarik dari Charitybuzz mengenai sejarah Apple-I dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: Charitybuzz via cnet.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s