Samsung dan Asus meluncurkan smartwatch terbarunya pada event IFA 2016 di Berlin

Samsung dan Asus meluncurkan smartwatch generasi terbaru mereka pada event IFA 2016 yang sedang berlangsung di kota Berlin, Jerman. Samsung lebih agresif, dengan memperkenalkan dua model smartwatch sekaligus yang diberi nama Gear S3 Classic dan Gear S3 Frontier, sedangkan Asus hanya memperkenalkan satu model yaitu Zenwatch 3.

Samsung Gear S3 Classic dan Frontier

Kedua model Gear S3 ini merupakan penerus dari Gear S2, namun karena Gear S3 memiliki diameter yang lebih besar, maka kemungkinan besar Samsung akan tetap menjual Gear S2 bagi para calon pembeli yang lebih menyukai ukuran yang lebih ringkas.

Gear S3, baik model Fronter maupun Classic, kini memiliki ukuran diameter 46mm dengan resolusi layar 360×360 pixels. Keduanya juga memiliki layar depan yang dilindungi kaca Gorilla Glass SR+ yang diklaim oleh Samsung memilki tingkat kekerasan setara dengan safir, serta memiliki sertifikasi IP68, sehingga memiliki ketahanan yang prima terhadap suhu ekstrim, serta tahan terhadap air dan debu.

Gear S3 menggunakan chipset dual-core 14nm milik Samsung yang dipadankan dengan memori RAM berukuran 768 MB serta memori penyimpanan sebesar 4GB.

Daya tahan baterai 380 mAh nya sekitar 3-4 hari, terbilang sangat baik mengingat kini Gear S3 memiliki layar Always-On dengan warna penuh 16 juta warna (bandingkan dengan layar Always-On Gear S2 yang hanya menampilkan 8 warna). Sistem operasi yang digunakan Samsung masih Tizen OS yang merupakan sistem operasi hasil pengembangan Samsung sendiri.

Samsung S3 Gear Frontier

Samsung S3 Gear Frontier

Samsung S3 Gear Classic

Samsung S3 Gear Classic

Secara desain, Gear S3 Fronter memiliki tampilan yang lebih sporty, sedangkan S3 Classic cenderung lebih stylish. Selain itu, ada satu hal lagi yang membedakan keduanya, Gear S3 Frontier memiliki opsi 3G/LTE yang tidak dimiliki oleh Gear S3 Classic.

Sayangnya, Samsung belum memberikan informasi lengkap mengenai ketersediaan serta harga yang akan diusung kedua smartwatch ini.

Asus Zenwatch 3

Pasar smartwatch yang masih berkembang sudah tentu membuat Asus juga tergiur untuk terus menelurkan produk terbarunya. Zenwatch 3 menjadi penerus Zenwatch 2 yang memiliki konsep desain yang sangat berbeda. Zenwatch 3 kini memiliki bentuk bundar sehingga lebih terlihat menyerupai jam yang sesungguhnya.

Asus Zenwatch 3

Asus Zenwatch 3

Layarnya 1,39 inci nya memiliki resolusi 400 x 400 pixels dan dilengkapi dengan chipset Snapdragon Wear 2100 yang dipasangkan dengan memori RAM sebesar 512 MB dan memori penyimpanan 4 GB. Kapasitas baterainya berukuran 341 mAh, cukup untuk bertahan sekitar 1-2 hari untuk sekali charge. Sistem operasinya menggunakan Android Wear seperti jajaran smartwatch Asus sebelumnya, dan sudah tentu, Asus tidak lupa menyisipkan sertifikasi IP67 yang berarti smartwatch ini tahan air sampai dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Untuk harga, Asus menyebutkan bahwa Zenwatch 3 akan ditawarkan dengan harga mulai dari 229 Euro, namun lagi-lagi sayang karena Asus pun belum dapat memberikan informasi pasti mengenai kapan smartwatch ini mulai tersedia di toko-toko.

(sumber: Samsung – gsmarena.com dan Asus – gsmarena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s