Infeksi malware pada perangkat mobile meningkat 96% sampai dengan pertengahan 2016

MalwareMasih menganggap infeksi malware pada smartphone merupakan hal remeh? sebaiknya jangan. Sudah banyak laporan dan penelitian yang menyebutkan bahwa ancaman malware pada smartphone (Android, Windows maupun iOS) adalah nyata. Pada laporan terbarunya, Nokia Threat Intelligence Report, Nokia menyimpulkan beberapa poin penting mengenai infeksi malware pada perangkat mobile, diantaranya:

  • Dibandingkan dengan angka infeksi pada semester kedua tahun 2015, pada semester pertama tahun 2016 ini ada peningkatan level infeksi malware sebanyak 96%. Bahkan pada bulan April 2016, infeksi yang terdiri dari ransomware, spyware, SMS Trojan, Adware, serta lainnya berada pada tingkat agresifitas tertinggi sehingga 1 dari 120 smartphone terinfeksi malware.
  • Dengan marketshare yang sangat besar, tidak heran jika kemudian Android berada pada posisi paling rentan menjadi target. Sekitar 74% dari malware yang beredar ternyata mengincar sistem operasi mobile dari Google ini. Sedangkan pada platform Windows/PC ada pada angka sekitar 22%. Ancaman malware pada iOS tetap ada, walaupun dengan persentase yang paling sedikit, yaitu 4%.
  • Jumlah malware yang menghinggapi aplikasi Android yang berhasil dikumpulkan dalam database Nokia meningkat 75% dari 5,1 juta pada Desember 2015 menjadi 8,9 pada Juli 2016.
  • Game-game populer menjadi target utama penyebaran malware melalui aplikasi yang telah dimodifikasi yang diunduh melalui situs download tidak resmi.
  • Malware semakin canggih, dengan berusaha melakukan root pada perangkat untuk mengambil alih operasional perangkat dan menyembunyikan dirinya dengan lihai.
  • Malware populer saat ini adalah Uapush.A, Kasandra.B dan SMSTracker, dimana 47% infeksi yang terjadi merupakan infeksi salah satu dari ke tiga malware ini.

Sekedar info bahwa data yang diperoleh pada laporan Nokia Threat Intelligence Report merupakan data kompilasi dari seluruh dunia yang meliputi sekitar 100 juta perangkat mobile, sehingga validitas data sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi, masih mau menutup mata?

(sumber: nokia.com via prnewswire.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s