Samsung dikabarkan mengalihkan pesanan baterai Galaxy Note 7 dari SDI ke ATL

Note7Sudah menjadi tindakan yang lumrah jika suatu produk menggunakan komponen dari perusahaan yang masih dalam satu induk perusahaan yang sama. Contohnya Samsung, dalam hal ini pada produk Galaxy Note 7 nya, menggunakan baterai dari Samsung SDI untuk 70% Galaxy Note 7 yang sudah dipasarkan dan 30% lainnya dari vendor baterai asal China, ATL.

Namun kali ini, sepertinya keputusan Samsung untuk menggunakan produk sister company nya sendiri malah berujung petaka. Bagaimana tidak, dengan cukup banyaknya laporan mengenai terbakarnya baterai Galaxy Note 7 yang diproduksi oleh SDI, maka Samsung terpaksa menghentikan penjualan serta menarik jutaan unit yang berpotensi bermasalah.

Dari sisi biaya penarikan kembali, mungkin Samsung SDI memang yang akan menderita kerugian terbanyak, namun Samsung sebagai produsen Galaxy Note 7 pun terkena imbas yang tidak kalah merugikannya. Secara finansial, proses penarikan jutaan unit smartphone ini sudah barang tentu sedikit banyak membuat Samsung terpaksa merogoh kantongnya, lalu karena hal ini pula, nilai saham Samsung turun cukup drastis. Dan dari sisi non-finansial, nama besar Samsung yang sudah lama dipupuk sudah pasti agak tercoreng dan mungkin akan dimanfaatkan oleh para kompetitornya untuk mencoba meraih kembali pangsa pasar yang selama ini dikuasai Samsung.

Atas hal ini, Samsung bertindak sangat cepat, mereka dikabarkan mengalihkan seluruh produksi baterai yang digunakan pada Galaxy Note 7 kepada vendor lain, kemungkinan besar kepada ATL, serta tidak lagi menggunakan baterai produksi Samsung SDI. Ini sudah pasti menjadi keputusan yang sangat berat bagi Samsung, namun tindakan ini patut dipuji karena ini membuktikan bahwa kepuasan pelanggan sangat diperhatikan oleh Samsung.

(sumber: Korea Herald via phonearena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s