Intel sedang dalam proses mengakusisi Movidius

IntelVirtual Reality saat ini sedang booming. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menawarkan produk VR nya kepada konsumen. Tidak heran jika kemudian nama-nama besar dunia teknologi informasi, seperti Intel, nVidia, AMD, Qualcomm dan lainnya turut serta meramaikan dunia VR dengan menelurkan produk-produk pendukung yang membuat Virtual Reality semakin mendekati Reality.

Intel sudah memiliki teknologi RealSense yang mampu menganalisa wajah, mengenal gerakan tangan dan jari, memproses sistem pengenalan suara, melakukan object tracking, dan berbagai kemampuan lainnya. Namun sepertinya Intel masih merasa perlu untuk membuat teknologi RealSense nya bekerja lebih sempurna, salah satunya dengan mempercepat pemrosesan data yang diterima berbagai sensor dan kamera VR. Oleh karena itu, tidak heran jika Intel kemudian memutuskan untuk mengakusisi Movidius, sebuah perusahaan yang membuat konsep VPU (Vision Processing Unit).

Berbeda dengan CPU yang memproses instruksi program umum ataupun GPU yang memproses instruksi program grafis, VPU merupakan processor yang memproses instruksi-instruksi spesifik yang berhubungan dengan Virtual Reality, seperti pengenalan gerakan mata, tangan dan jari, pengenalan dan penguncian objek tertentu, serta sistem pemetaan kondisi lingkungan sekitar. Dengan menggabungkan teknologi RealSense dan VPU yang diberi nama Myriad 2 ini, maka kecepatan pemrosesan data yang diterima sensor dan kamera akan meningkat drastis sambil dibarengi dengan efisiensi penggunaan daya listrik yang juga semakin baik.

Arsitektur VPU Myriad 2

Arsitektur VPU Myriad 2

Dalam tugas-tugas spesifik yang berhubungan dengan VR, Movidius mengklaim bahwa Myriad 2 bekerja lebih cepat daripada CPU/GPU Tegra K1 dengan penggunaan daya listrik kurang dari 2W. Ini dimungkinkan karena Myriad 2 memiliki algoritma khusus yang berhubungan dengan Visual Processing pada teknologi VR.

Akusisi Movidius oleh Intel ini semakin memantapkan posisi Intel sebagai salah satu pemain besar dan ambisius di dunia Virtual Reality yang semakin hari semakin banyak diadopsi, mulai dari kacamata VR sampai dengan Drone pintar dengan teknologi kecerdasan buatan.

(sumber: tomshardware.com dan wikipedia.org)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s