Apple iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan Watch series-2 akhirnya hadir

Ekspektasi akan kehadiran produk Apple selalu membuat heboh, berbagai rumor, bocoran informasi, dan bocoran foto mengenai produk-produknya selalu memenuhi halaman utama situs-situs gadget di berbagai belahan dunia. Jajaran smartphone iPhone, serta smartwatch Watch dari Apple tidak luput dari perhatian khusus yang diberikan media, lihatlah rumor dan foto-foto iPhone 7 (Plus) dan Watch 2 yang banyak beredar jauh sebelum mereka secara resmi diperkenalkan malam tadi (siang waktu setempat di San Francisco,  Amerika Serikat).

Kini, tabir smartphone dan smartwatch terbaru Apple sudah terbuka lebar. Yuk, kita bahas satu-per-satu.

Apple iPhone 7

Apple iPhone 7

Apple iPhone 7

Berita akan hadirnya iPhone 7 (dan 7 Plus) sempat ditanggapi dingin oleh beberapa analis pasar. Mereka beranggapan bahwa iPhone 7 tidak memiliki cukup daya tarik untuk membuat para pemburu gadget berbondong-bondong untuk membelinya. Namun sejarah berulang kali membuktikan bahwa aura brand Apple itu memang berbeda. Kinerja, desain, dan ekosistem smartphone Apple ternyata mampu menghipnotis konsumennya, sehingga tahun demi tahun penjualan iPhone selalu dapat membuat tercengang para pesaingnya.

Walaupun dari sisi desain, iPhone 7 tidak terlihat banyak berbeda dari iPhone 6S sebelumnya, namun cukup banyak fitur canggih yang tersemat dalam smartphone terbaru Apple ini.

iPhone 7 memiliki dimensi yang serupa dengan iPhone 6S yaitu 138.3mm x 67.1mm x 7.1mm dengan bobot sekitar 138 gram.

iPhone 7 memiliki layar LCD IPS berukuran 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 750 pixel yang memiliki tingkat akurasi warna lebih baik serta 25% lebih cerah daripada iPhone generasi sebelumnya. Layarnya tetap mendukung fitur 3DTouch, namun kini tombol Home nya bukan lagi merupakan tombol fisik, melainkan tombol sentuh yang memiliki feedback getar.

Kameranya, jangan ditanya lagi, kamera iPhone selalu berada dalam kasta tertinggi dalam setiap perbandingan kualitas hasil foto yang dilakukan berbagai situs review. Kamera iPhone 7 sudah semakin disempurnakan walaupun tetap memiliki resolusi 12 MP seperti pendahulunya. Kameranya kini memiliki aperture f/1,8 , Optical Image Stabilization, lensa enam elemen, serta lampu LED flash yang didalamnya terdapat empat buah lampu LED. Semua lini disempurnakan demi hasil foto yang tetap terjaga baik pada berbagai macam kondisi pencahayaan. Sistem sensor pada iPhone 7 bekerja 60%  lebih cepat dan 30% lebih efisien dibandingkan dengan sensor pada iPhone 6S. Kamera depannya pun tidak dilupakan, kini dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 7 MP, 2 MP lebih tinggi dari kamera selfie sebelumnya.

Jangan mencari-cari port headphone di iPhone 7 terbaru ini. Seperti rumor yang berkembang sebelum peluncurannya, Apple memutuskan untuk menghilangkan sama sekali port headphone dan menggantikan nya dengan headphone yang terhubung dengan port Lightning yang disebut-sebut memiliki kualitas suara yang lebih baik. Namun pemilik headphone 3,5mm jangan khawatir, karena dalam paket penjualannya Apple menyertakan sebuah adapter sehingga headphone kesayangan pembaca masih tetap dapat digunakan. Masih dari sisi audio, iPhone 7 kini memiliki speaker stereo dengan suara yang 2x lebih kencang dengan jangkauan frekuensi yang lebih baik.

Untuk pembaca yang sering aktif beraktifitas di luar ruangan, ada kabar baik satu lagi, karena kini iPhone 7 memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Memang, rating sertifikasi yang dimiliki iPhone 7 ini tidak sebaik apa yang dimiliki Samsung Galaxy S7 dengan rating IP68 nya, namun perbedaan kapabilitas antara kedua rating ini tidak lah besar. Rating IP67 berarti bahwa smartphone Apple ini dapat bertahan selama 30 menit di air dengan kedalaman 1 meter, sedangkan rating IP68 berarti smartphone Galaxy S7 dapat bertahan selama 30 menit dalam air kedalaman 1,5 meter.

Semua peningkatan kualitas yang disebut diatas sudah tentu harus didukung dengan chipset yang berkinerja tinggi. Chipset A10 merupakan chipset 64-bit terbaru Apple yang tersemat smartphone canggih Apple ini. Untuk pertama kali nya, Apple menggunakan chipset yang memiliki konsep desain mirip dengan para pesaingnya. Chipset A10 merupakan chipset dengan 4 buah core yang terbagi dalam 2 cluster dimana 2 core merupakan core berkinerja tinggi, sedangkan 2 core sisanya merupakan core yang berkinerja efisien untuk umur baterai yang lebih panjang. Dalam presentasinya, Apple menyebutkan bahwa chipset A10 ini memiliki performa 40% lebih cepat daripada chipset A9 serta dua kali lebih cepat daripada chipset A8 terdahulu. Pemroses grafis (GPU) 6-core nya pun tidak kalah cepatnya, karena ia memiliki performa yang 50% lebih cepat daripada GPU pada chipset A9 — padahal GPU pada A10  ini lebih irit daya sekitar 34%.

Chipset, layar, serta kamera yang bekerja lebih efisien berimbas positif pada daya tahan baterai yang juga menjadi lebih baik. Apple menyebutkan bahwa secara rata-rata, iPhone 7 dapat bertahan 2 jam lebih lama daripada iPhone 6S dengan pattern penggunaan yang sama.

iPhone 7 ditawarkan dengan beragam konfigurasi memori penyimpanan, mulai dari 32 GB, 128 GB, sampai dengan 256 GB. Untuk warna, selain warna Silver, Gold dan Rose Gold, kini terdapat juga pilihan warna Black dan Jet Black yang menggantikan warna Space Grey yang sudah tidak lagi diproduksi. Warna Black merupakan warna hitam pekat dengan permukaan yang tidak reflektif, sedangkan Jet Black merupakan warna hitam yang refektif seperti cat hitam mengkilat pada permukaan piano.

Pilihan warna iPhone 7

Pilihan warna iPhone 7

Untuk harga dan ketersediaan, iPhone 7 dijual dengan harga US$ 649, US$ 749 serta US$ 849 (untuk model 32GB, 128GB, dan 256GB). Namun lagi-lagi, para pencinta iPhone di Indonesia masih harus bersabar jika ingin membeli unit resmi iPhone 7. iPhone 7 secara resmi tersedia sejak tanggal 16 September hanya untuk negara-negara di benua Amerika dan Eropa, ditambah dengan beberapa negara seperti Hong-kong, Singapore, Uni Emirat Arab, Jepang, Taiwan dan China. Sedangkan 1 minggu setelah itu, iPhone 7 juga akan tersedia di 30 negara lainnya, namun nama Indonesia belum termasuk di dalamnya.

Apple iPhone 7 Plus

iPhone 7 (kiri) dan iPhone 7 Plus (kanan)

iPhone 7 (kiri) dan iPhone 7 Plus (kanan)

iPhone 7 Plus memiliki layar dengan ukuran lebih besar, 5,5″ berteknologi LCD IPS yang memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel. Berat iPhone 7 plus berkisar pada angka 188 gram dengan dimensi 158,2mm x 77,9 mm x 7,3 mm.

Pada dasarnya iPhone 7 Plus memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan iPhone 7 dengan beberapa pengecualian. Yang paling membedakan antara keduanya adalah sistem kamera nya. iPhone 7 Plus dilengkapi kamera dengan lensa ganda. Lensa pertama merupakan lensa 12 MP dengan aperture f/1,8 sedangkan lensa kedua merupakan lensa yang juga 12 MP namun dengan aperture f/2,8 yang memiliki kapabilitas perbesaran optik sampai dengan 2x. Kedua lensa ini bekerja dalam satu kesatuan, sehingga hasil foto yang dihasilkannya menjadi lebih baik pada kondisi cahaya yang paling menantang sekalipun. Berkat sistem dua lensa seperti ini, efek bokeh yang dihasilkannya pun terbilang baik seperti dapat dilihat pada foto di bawah ini:

Efek bokeh iPhone 7 - apple.com

Efek bokeh iPhone 7 – apple.com

Karena memiliki hardware yang sama dengan iPhone 7 (kecuali layar yang lebih besar, lebih tinggi resolusinya, serta sistem kamera dengan lensa ganda), iPhone 7 Plus ini juga diklaim Apple memiliki daya tahan baterai yang lebih lama sekitar 1 jam jika dibandingkan dengan iPhone 6S Plus.

Harganya? dengan kapasitas penyimpanan 32, 128 serta 256 GB, harganya masing masing adalah US$ 769, US$ 869, dan US$ 969. Ketersediaannya di Indonesia juga belum jelas diketahui. Penulis akan mengupdate artikel ini jika informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia sudah terlihat titik terangnya.

Apple Watch series-2

apple-watch-2

Selain memperkenalkan iPhone, Apple juga meluncurkan smartwatch generasi kedua yang diberi nama sebagai Apple Watch series-2. Masih menganut desain mengotak seperti pada Apple Watch, namun Watch series-2 memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki Watch lama.

Apple Watch series-2 kini tahan air sampai dengan kedalaman 50 meter tanpa batasan waktu. Watch series-2 ini juga memiliki chipset baru Apple S2 SiP yang memiliki dua buah core dan sebuah GPU baru yang masing-masing diklaim memiliki performa lebih baik 50% dan 100% jika dibandingkan dengan smartwatch Apple generasi pertama.

GPS juga tersemat pada Watch series-2, sehingga penggunanya tidak lagi perlu membawa iPhone untuk mencatat jalur dan arah jogging yang dilakukan.

Layarnya, walaupun berukuran dan berbentuk serupa dengan generasi pertama, namun tingkat kecerahannya kini meningkat drastis dengan tingkat kecerahan 1000 nits, 2x lebih terang. Dan seperti halnya pada Apple Watch, ukuran layar yang ditawarkan juga ada dua: 38mm dan 42mm.

Sistem operasi yang digunakan adalah watchOS 3 yang juga akan tersedia untuk Watch model lama mulai 13 September nanti.

Oh ya, Watch series-2 ini memiliki varian baru dimana bahan utamanya menggunakan bahan keramik yang diklaim lebih kuat dibandingkan dengan varian baja biasa.

Apple Watch 2 - Ceramic Edition

Apple Watch Edition Ceramic – series 2

Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari US$ 369 untuk model termurah, sampai dengan US$ 1300 untuk varian Ceramic berukuran 42mm.

Sementara itu, Apple juga mengatakan bahwa Apple Watch lama tetap akan dijual dengan nama baru Apple Watch series-1. Bedanya dengan versi awal, Watch series-1 ini juga akan dilengkapi dengan chipset dual-core dan watchOS 3 namun dengan harga yang lebih ramah kantong, US$ 269.

Pilihan varian Apple Watch

Pilihan varian Apple Watch

Bagi pembaca yang penasaran dengan iPhone 7 (Plus) dan Watch series-2, simak video resminya di bawah ini:

(sumber: apple.com – iPhone 7, apple.com – Watch 2, gsmarena.com – iPhone 7, gsmarena.com – Watch 2)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s