Implementasi kamera ganda pada smartphone menjadi mudah berkat Clear Sight dari Qualcomm

Tahun 2016 dan 2017 sepertinya akan menjadi tahunnya sistem kamera ganda pada smartphone. Sistem kamera dengan dua lensa (dan dua sensor) akan semakin banyak diimplementasikan pada produk produk smartphone kelas menengah dan atas.

Kamera ganda pada Huawei P9

Kamera ganda pada Huawei P9

Saat ini implementasi kamera ganda memang masih beragam, pada smartphone LG G5, kamera gandanya tidak (belum) digunakan untuk menghasilkan satu gambar gabungan namun dioperasikan terpisah tergantung kepada pilihan pengguna untuk menghasilkan foto standar atau foto dengan view lebar. Pada Huawei P9, sistem kamera ganda nya menggunakan dua sensor berbeda, satu dengan sensor warna dan satunya dengan sensor monokromatik yang mampu menangkap detail yang lebih jelas. Algoritma sistem kamera Huawei yang bekerjasama dengan Leica ini menggabungkan hasil foto dari kedua sensor tersebut untuk menghasilkan satu foto berwarna dengan tingkat detail yang lebih tajam. Smartphone terbaru Apple pun tidak ketinggalan menggunakan sistem kamera dengan dua lensa, namun memang, iPhone 7 Plus menggunakan algoritma yang berbeda dari apa yang diimplementasikan Huawei P9. Kedua sensor pada iPhone 7 Plus merupakan sensor full-color namun berbeda aperture dan salah satunya memiliki kemampuan zoom optikal.

Teknologi Clear Sight milik Qualcomm

Teknologi Clear Sight milik Qualcomm

Qualcomm, sebagai salah satu produsen chipset ternama, melihat trend kamera ganda ini sebagai peluang, oleh karena itu, Qualcomm baru-baru ini memperkenalkan sebuah teknologi bernama Clear Sight yang dirancang untuk membuat implementasi kamera ganda pada smartphone menjadi lebih mudah. Clear Sight bekerja dengan cara yang sama dengan yang digunakan pada Huawei P9, yaitu dengan menggunakan dua sensor berbeda pada sistem kamera gandanya, satu sensor warna dan satu sensor monokromatik. Hasil jepretan kedua sensor tersebut nantinya akan diproses bersamaan oleh Clear Sight untuk menghasilkan foto yang lebih cerah, lebih tajam dan lebih detail.

Untuk saat ini, teknologi Clear Sight baru dapat diimplementasikan pada smartphone yang dilengkapi dengan chipset Snapdragon 820 dan 821,

(sumber: qualcomm.com dan phonearena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s