Samsung 960 Pro dan Evo, SSD NVMe M.2 terbaru Samsung sudah hadir

Sudah kita sadari sejak lama bahwa kinerja komputer yang kita digunakan banyak dibatasi oleh kecepatan (atau tepatnya, kelambanan) sistem penyimpanan mekanis — Hard Disk — yang tidak sepadan dengan kecepatan processor dan memori pada komputer modern. Namun untungnya, dalam satu-dua tahun terakhir ini, perkembangan pesat teknologi SSD (Solid State Disk) membuat sistem penyimpanan data tidak lagi menjadi bottleneck untuk mencapai kinerja komputasi yang optimal.

samsung-960-evo-pro

Media penyimpanan SSD generasi awal yang masih menggunakan interface SATA, walaupun sudah jauh lebih cepat daripada hard disk mekanis biasa, masih terbatasi oleh kapasitas SATA yang pada revisi terakhirnya (SATA3) hanya mampu mencapai kecepatan baca sekitar 500-560 MB/s. Sekarang ini, SSD dengan interface M.2 PCIe 3.0 x4 sudah mulai banyak diadopsi oleh para pabrikan karena keunggulan kecepatan serta ukuran fisik SSD yang dapat dibuat lebih ringkas.

Samsung, sebagai salah satu produsen SSD terbesar di dunia, baru-baru ini memamerkan SSD NVMe berbasis PCIe 3.0 x4 yang memiliki konektor fisik M.2 2280. Berbagai teknologi terbaru yang disematkan pada kedua model SSD yang diperkenalkan Samsung ini membuat kehandalan dan performanya begitu superior dibandingkan para pesaing terdekatnya.

SSD Samsung 960 Pro yang diposisikan sebagai media penyimpanan high-end memiliki performa baca mencapai 3.500 MB/s dan performa tulis 2.100 MB/s. Tersedia tiga ukuran SSD, yaitu 512 GB, 1 TB, dan 2 TB, yang masing-masing dapat diperoleh dengan harga US$ 329, US$, 629, dan US$ 1.299. Samsung memberikan garansi 5 tahun penuh untuk SSD ini untuk memberikan rasa aman kepada para penggunanya.

Sementara itu, bagi para pengguna reguler, dapat memilih SSD Samsung 960 Evo yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau namun masih memiliki level performa yang termasuk tinggi. Lihat saja, Samsung 960 Evo ini memiliki spesifikasi kecepatan baca yang mencapai angka 3.200 MB/s dan kecepatan tulis sampai dengan 1.900 MB/s (pada model 1 TB), masih sangat cepat bukan? Garansi produk yang diberikan Samsung untuk 960 Evo ini memang berkurang menjadi 3 tahun, namun mengingat bahwa harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan 960 Pro, diperkirakan justru model 960 Evo ini akan menjadi favorit diantara para calon pembeli SSD. Tersedia dalam tiga ukuran, 250 GB, 500 GB, dan 1 TB, SSD Samsung 960 Evo akan ditawarkan dengan harga masing-masing US$ 129, US$ 249, serta US$479.

Untuk pembaca yang sedang mempertimbangkan SSD dengan format M.2 2280, Samsung 960 Pro dan Evo akan menjadi pilihan yang sangat baik, terutama jika mempertimbangkan bahwa Samsung memiliki reputasi baik di bidang ini.

(sumber: Tom’s Hardware)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s