Tesla Model S ternyata dapat di-hack dari jarak 19 KM!

Tesla Model S - tesla.com

Tesla Model S – tesla.com

Keen Security Lab, periset keamanan yang berasal dari China berhasil mendemonstrasikan bahwa mobil modern dengan fitur konektifitas lengkap berpotensi untuk di-hack. Keberhasilan mereka mendemonstrasikan ini menjadi cukup mengkhawatirkan terlebih jika mobil sudah dilengkapi dengan fitur pengendalian otonom (autonomous drive).

Tesla Model S, sebagai salah satu mobil terkini yang memiliki fitur konektifitas Internet dan pengendalian otonom, menjadi kelinci percobaan para periset keamanan tersebut. Tesla Model S yang dipergunakan merupakan mobil standar tanpa modifikasi apapun dan telah dilengkapi dengan firmware versi terbaru pada sistem komputernya. Pada video demonstrasi yang dapat dilihat di bagian bawah artikel ini, terlihat bahwa para peneliti dapat membuka sunroof, menyalakan lampu sein, menggerakan kursi, membuka pintu, menjalankan wiper, melipat kaca spion samping, serta membuka bagasi, semua nya dilakukan secara remote (jarak jauh).

Yang lebih mengerikannya lagi, para peneliti ini juga ternyata dapat melakukan pengereman pada mobil yang sedang berjalan! Bayangkan jika hal-hal berbahaya seperti ini dapat dilakukan pada mobil-mobil pintar masa datang.

Atas temuan ini, para peneliti Keen Security Lab sudah menginformasikan pihak Tesla dan bekerjasama untuk memperbaiki celah-celah keamanan yang ada.

Setelah memuat berita ini, situs Toms’s Hardware menghubungi langsung pihak Tesla Motor. Tesla Motor mengkonfirmasi adanya celah keamanan ini dan dalam waktu relatif singkat, mereka sudah melakukan perbaikan pada firmware (v7.1, 2.36.31) yang dikirimkan langsung ke setiap unit mobil Tesla yang ada.

Saksikan video demonstrasi ‘hack’ para peneliti Keen Security Lab terhadap mobil Tesla Model S di bawah ini:

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s