Blackberry akan menutup divisi hardware nya akhir bulan ini?

bbBertahan dalam sengitnya persaingan dunia smartphone dan tablet memang tidaklah mudah, sejarah sudah memberikan contoh dengan gugurnya berbagai perusahaan besar seperti Nokia, Motorola, dan nama nama lainnya. Ya, brand Nokia dan Motorola memang masih tetap eksis, namun mereka tidak lagi menjadi salah satu kekuatan besar yang dahulu kala begitu disegani.

Blackberry kini menghadapi kenyataan yang sama. Pasar smartphone sudah banyak berubah sejak beberapa tahun yang lalu, sayangnya perubahan itu tidak diikuti dengan perubahan pola bisnis Blackberry. Dari semula merupakan produsen smartphone yang besar menjadi kurang diperhitungkan, begitulah nasib Blackberry.

Rumor berkembang di Internet bahwa pada tanggal 28 September ini, Blackberry akan menutup divisi hardwarenya dan menjadi perusahaan yang hanya fokus pada solusi software. Keputusan seperti ini (jika jadi dijalankan) merupakan keputusan yang sangat masuk akal, karena divisi hardware Blackberry sampai saat ini masih menjadi divisi dengan biaya operasional yang terbesar, persentase biaya R&D Blackberry untuk hardware mencapai 65% dari total biaya R&D.

Rumor tentang ditutupnya divisi hardware Blackberry ini sejalan dengan apa yang sempat diucapkan oleh CEO Blackberry, John Chan, yang mengatakan bahwa dalam bulan ini, sebuah keputusan akan dibuat mengenai akan tetap beroperasi atau tidaknya divisi hardware Blackberry.

Berbagai upaya telah dilakukan Blackberry untuk membuatnya menjadi perusahaan smartphone yang diperhitungkan, namun angka penjualan berkata lain. Kuartal terakhir 2016 ini Blackberry hanya mampu menjual 500 ribu unit, sebuah angka yang sangat kecil untuk perusahaan berskala besar.

Blackberry sudah tentu akan berusaha untuk tetap hadir di tengah-tengah kita, walaupun nantinya mungkin hanya melalui aplikasi serta solusi software lainnya.

(sumber: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s