Mediatek memperkenalkan chipset Helio P20, P25 dan X30 sekaligus

x30Eksistensi chipset buatan Mediatek yang semakin banyak digunakan oleh vendor smartphone besar (termasuk Samsung nantinya) membuat Mediatek semakin bersemangat untuk selalu meng-update jajaran chipset modern nya. Pada tanggal 25 September (waktu setempat) kemarin, Mediatek memperkenalkan 3 chipset baru sekaligus, 2 chipset Helio P20 dan P25 sebagai perwakilan chipset kelas menengah serta 1 chipset Helio X30 sebagai chipset kelas atas.

Helio P20 dan P25 merupakan chipset 8-core yang diproses dengan menggunakan fabrikasi 16 nm, memiliki kecepatan frekuensi sedikit lebih tinggi dari generasi sebelumnya namun sudah mendukung teknologi yang lebih modern, LPDDR4. Chipset Helio P25 bahkan mendukung kamera dengan sistem lensa ganda yang dilengkapi zoom optik, serta fitur-fitur pemroses fotografi. Belum ada informasi lebih detail mengenai chipset ini, namun secara sekilas, chipset kelas menengah ini akan menjanjikan performa dan fitur fotografi yang termasuk canggih dengan harga yang relatif terjangkau.

Chipset high-end Helio X30 merupakan pengembangan dari X25, yang juga merupakan chipset 10-core yang terbagi ke dalam 3 cluster. Cluster pertama, untuk memproses tugas-tugas ringan, memiliki 4 core Cortex-A35 yang bekerja pada kecepatan 2 GHz. Cluster kedua, untuk aplikasi-aplikasi sehari-hari, memiliki 4 core Cortex-A53 berkecepatan 2,3 GHz. Terakhir, Cluster yang memproses aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa maksimal seperti Photo/Video editing serta Games memiliki 2 buah core Cortex-A73 dengan kecepatan 2,8 GHz.

Selain memiliki kecepatan proses yang tinggi, X30 ini juga mendukung memori RAM LPDDR4 terbaru dengan kapasitas maksimal 8 GB, mampu merekam video 4K dengan GPU PowerVR 7XTP-MT4, serta dukungan LTE  Cat 10.

Semua penyempurnaan yang dilakukan Mediatek ini membuatnya lebih mampu bersaing dengan para vendor chipset besar seperti Qualcomm, Apple, dan Samsung. Memang secara historis, chipset-chipset dari Mediatek belum mampu mengungguli pesaing utamanya, namun perbedaannya kini semakin menipis, ditambah dengan daya tarik harga yang biasanya jauh lebih murah daripada apa yang ditawarkan oleh pesaing Mediatek. Jadi jangan anggap remeh Mediatek.

(sumber: PocketNow)

Iklan

Satu respons untuk “Mediatek memperkenalkan chipset Helio P20, P25 dan X30 sekaligus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s