Konsep drone baru yang dapat terbang seperti helikopter dan pesawat layang

delftacopter

DelftAcopter – tudelft.nl

Kepopuleran drone untuk berbagai macam keperluan, memicu para engineer untuk berpikir kreatif dan out-of-the-box. Drone tidak lagi harus berbentuk seperti halnya drone yang beredar saat ini, lihat saja konsep drone baru dari TU Delft (Delft University of Technology) yang bekerjasama dengan Parrot. DelftAcopter, demikian nama drone ini, merupakan drone yang memiliki sayap yang dapat terbang dengan dua mode penerbangan, vertikal seperti hal nya helikopter (dan drone saat ini) ataupun horisontal seperti hal nya pada sebuah pesawat layang. Dengan kapabilitas ganda ini, drone dapat take-off secara vertikal untuk kemudian bergerak cepat seperti sebuah pesawat sampai dengan kecepatan hampir 100 KPJ.

DelftAcopter dapat terbang secara otonom berkat sistem GPS, sensor-sensor, dan kamera dengan algoritma yang diproses oleh sebuah komputer. Salah satu keunggulannya adalah kemampuannya untuk memilih tempat pendaratan aman secara mandiri. Jarak jangkau nya mencapai hampir 60 KM dengan durasi terbang selama kurang lebih 1 jam. Termasuk cepat jika dibandingkan dengan drone yang beredar saat ini yang rata-rata memiliki daya tahan terbang selama 20-30 menit.

Walaupun kemungkinan penggunaan DelftAcopter bisa bermacam-macam, namun dalam benak para engineernya, DelftAcopter didisain untuk tugas yang mulia yaitu membawa obat-obatan dan perangkat medis lainnya ke tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Konsep baru drone DelftAcopter bukan lagi hanya berupa gambar konsep dan angan-angan, karena prototipe drone ini sudah dibuat dan benar-benar dapat terbang. Video demonstrasi DelftAcopter dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: Delft University of Technology via Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s