Jalur untuk pejalan kaki yang dilengkapi panel surya dan lampu LED sudah mulai diimplementasi

Tidak dipungkiri bahwa sinar matahari adalah salah satu sumber energi terbarukan yang sangat potensial untuk dimanfaatkan umat manusia. Walaupun terkesan lambat, perkembangan teknologi panel surya yang lebih efektif dan efisien sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ke arah positif. Jalanan, baik itu untuk pejalan kaki maupun untuk kendaraan bermotor, merupakan tempat yang cocok untuk dimanfaatkan penempatan pembangkit tenaga listrik yang rendah emisi seperti panel surya, kenapa? sederhananya karena luas area jalanan yang begitu besar sehingga jumlah total output listrik dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

solar-roadways

Bayangkan jika seluruh permukaan jalanan yang kita lalui terdiri dari panel-panel yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik serta juga dilengkapi dengan lampu-lampu LED warna-warni untuk memberikan informasi mengenai arah ataupun pengumuman penting kepada para pengguna jalan.

Sebuah perusahaan bernama Solar Roadways sudah memproduksi prototipe panel jalan yang masing-masing berbentuk segienam yang memiliki kemampuan untuk menangkap sinar matahari serta merubah energi tersebut menjadi energi listrik yang berguna. Setiap panel ini dibuat dari bahan kaca tempered yang kuat menahan beban sebuah truk trailer kecil dan di balik panel transparan tersebut terdapat juga lampu-lampu LED yang terang serta elemen pemanas yang berguna untuk menyingkirkan lapisan es dan salju pada musim dingin. Lampu LED nya juga sangat terang sehingga dapat digunakan sebagai rambu lalulintas tambahan.

solar-roadways-mobil

Saat ini beberapa kota  di Amerika Serikat menyatakan tertarik untuk menguji-coba panel-panel ini. Departemen Transportasi di Missouri, misalnya, akan mengimplementasikan produk Solar Roadways pada beberapa bagian jalur pejalan kaki untuk menguji kelayakannya. Sementara itu, di kota lainnya, Sandpoint, Idaho, panel-panel ini juga sudah dipasang pada beberapa bagian jalur pejalan kaki dimana selain menampilkan informasi bagi pejalan kaki, panel ini juga akan mengaliri listrik untuk taman berair mancur serta lampu-lampu penerangan di WC umum disana.

road-1

Produk ini masih diujicobakan dan memang belum diimplementasikan secara luas. Namun demikian, manfaat positifnya sudah terlihat jelas. Jika nantinya produk sejenis ini digunakan di banyak tempat, bayangkan berapa energi listrik yang dapat diproduksi secara mandiri tanpa harus lagi bergantung kepada pembangkit-pembangkit listrik besar yang menghasilkan polusi udara dan lingkungan.

(sumber: SolarRoadWays via Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s