Serbuan produk teranyar Google: Google Pixel, Pixel XL, Daydream View, Chromecast Ultra, Wifi, dan Home

Selasa 4 Oktober kemarin, Google menghadirkan banyak produk-produk baru untuk menantang produk para pesaing yang sudah lebih dulu hadir. Tidak kurang dari 6 produk diluncurkan secara bersamaan. Keenam produk ini diposisikan untuk saling melengkapi dalam ekosistem yang dibangun Google.

Google Pixel dan Pixel XL
Produk pertama (dan ehm, kedua) yang paling membuat heboh, adalah Google Pixel dan Pixel XL. Pixel dan Pixel XL ini adalah produk smartphone terbaru Google yang memiliki konsep berbeda dari smartphone Nexus sebelumnya. Pada jajaran smartphone Google Nexus, produk yang dijual merupakan hasil desain dari pabrikan yang ditunjuk, sementara Google sendiri hanya berkontribusi memberikan sistem operasi Android murni tanpa tambahan aplikasi pihak ketiga. Dengan Google Pixel (dan Pixel XL), hardware-nya memang diproduksi oleh HTC, namun Google memiliki kuasa penuh atas desain serta penentuan komponen yang digunakan.

pixel-2

Dengan desain yang manis, spesifikasi yang canggih, dan harga yang tidak lagi terbilang murah, Google sepertinya memposisikan produk ini untuk menghadapi smartphone lansiran Apple, Samsung, LG, dan mungkin nantinya Microsoft (dengan Surface Phone nya).

Pixel dan Pixel XL pada dasarnya memiliki spesifikasi internal hardware yang sama, kedua nya menggunakan chipset terbaru Snapdragon 821 dari Qualcomm. Keduanya memiliki memori RAM 4 GB LPDDR4 dengan opsi penyimpanan sebesar 32 GB dan 128 GB tanpa slot microSD tambahan. Keduanya juga menggunakan kamera yang sama, sebuah kamera dengan sensor Sony IMX378 dengan resolusi 12 MP, 1.55µm pixels, f/2.0 aperture, serta sistem Electronic Image Stabilization yang canggih. Kedua nya sama-sama memiliki sensor sidik jari pada bagian belakangnya.

pixel-hw-spec

Yang membedakan antara keduanya adalah ukuran layar dan resolusi yang diusungnya. Pixel merupakan smartphone dengan ukuran layar 5 inci ber resolusi 1080×1920 AMOLED, sedangkan Pixel XL lebih besar, dengan ukuran 5,5 inci  dengan resolusi 1440×2560. Keduanya dilindungi dengan Gorilla Glass 4. Penggunaan Gorilla Glass 4 mungkin akan membuat sebagian pembaca bertanya-tanya, karena saat ini banyak vendor smartphone lainnya yang sudah menggunakan Gorilla Glass 5. Sepertinya ini disebabkan karena Google lebih memilih daya tahan terhadap goresan yang lebih baik daripada memilih daya tahan terhadap benturan seperti yang ditawarkan oleh Gorilla Glass 5.

Oh ya, sistem kamera pada kedua smartphone Pixel disebut-sebut Google memiliki kualitas jepretan yang sangat baik dengan fitur Smartburst yang mengambil beberapa foto sekaligus dan memilih foto dengan hasil paling jelas dan jernih. Sistem HDR+ juga disematkan pada Pixel dan Pixel XL sehingga membantu memberikan kualitas foto yang bisa jadi setara atau melebihi yang dicapai oleh Samsung Galaxy S7 Edge.

Ukuran baterainya adalah 2770 mAh dan 3450 mAh untuk Pixel dan Pixel XL, sementara sistem operasinya sudah tentu menggunakan Android 7.0 Nougat terbaru (dan akan di update ke Android 7.1 segera setelah tersedia). Pixel dan Pixel XL akan tersedia dengan dua warna utama Hitam dan Silver, serta satu warna terbatas, yaitu Biru.

Harganya? cukup mahal, sekitar US$ 650 untuk model terendah Pixel dengan penyimpanan 32 GB, serta US$ 770 juga untuk model terendah dengan 32 GB. Tambahkan sekitar US$ 100 jika pembaca ingin membeli versi tertinggi dengan penyimpanan 128 GB. Untuk sementara, kedua smartphone Google ini baru tersedia di Amerika Serikat, Eropa, serta Australia.

Update: Informasi terakhir yang didapatkan penulis per 6/10/2016 menyebutkan bahwa Google Pixel dan Pixel XL memiliki sertifikasi IP53 yang berarti memiliki ketahanan terhadap debu dan cipratan air. Namun ingat, bahwa smartphone ini hanya tahan terhadap cipratan air saja, jangan coba-coba memasukkannya kedalam air, berbeda dengan iPhone 7 yang memiliki rating IP67 ataupun Galaxy S7/Note 7 yang memiliki rating IP68.

Daydream View
Berbicara smartphone saat ini rasanya tidak pas jika tidak juga berbicara mengenai perangkat VR (Virtual Reality). Samsung sudah melakukannya lebih dahulu, dengan memasangkan headset GearVR nya dengan smartphone Galaxy S7. Google pun tidak mau kalah langkah terlalu jauh. Pada event kemarin, Google juga memperkenalkan headset VR nya yang dinamakan dengan Daydream View. Sekilas, bentuknya tidak jauh berbeda dari GearVR milik Samsung, namun detailnya banyak berbeda. Daydream View didesain dengan mengedepankan kenyamanan penggunanya. Setiap material yang digunakan nya merupakan material lembut, fleksibel, dan memiliki lubang-lubang hawa. Para pengguna kacamata minus (ataupun plus) pun diperhatikan karena Daydream View juga dapat digunakan oleh mereka yang berkacamata.

daydream

Daydream View  memiliki controller yang memiliki fitur touchpad, beberapa tombol, serta banyak sensor sensor gerak yang memungkinkan penggunanya melakukan gestures yang lebih kompleks dan detail seperti menggambar.

Daydream View akan dibanderol dengan harga US$ 79 mulai November nanti dengan tiga pilihan warna seperti pada gambar di atas.

Chromecast Ultra
Chromecast Ultra adalah sebuah perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan video streaming dari smartphone ataupun tablet untuk ditampilkan pada Televisi layar lebar. Chromecast Ultra ini merupakan penerus dari Chromecast, dimana pada model terbarunya kini mendukung streaming video dengan resolusi 4K dengan teknologi HDR dan Dolby VIsion. Walaupun berukuran sangat kecil (sehingga dapat disembunyikan di balik TV), Chromecast Ultra memiliki performa yang 80% lebih cepat daripada pendahulunya.

Chromecast Ultra akan dijual dengan harga US$ 69.

Google Wifi
Linksys, Asus, Dlink, TPlink, dan vendor networking lainnya sebaiknya waspada, Google kini sudah mulai memasuki dunia networking walaupun baru menghadirkan satu produknya, Google Wifi. Berbeda dengan wifi pada umumnya yang berbentuk kaku dan tidak estetis, Google Wifi justru memiliki desain manis yang tidak membuat malu pemilik rumah jika ditempatkan di antara barang-barang rumah lainnya.

google-wifi

Google Wifi merupakan sebuah wireless router  dengan standar AC1200 yang dibuat dengan fokus pada kemudahan proses instalasi dan setup namun juga memberikan performa wireless yang handal dan kuat di seluruh penjuru rumah.

Dengan fitur Bluetooth, Google Wifi dapat dengan mudah dikonfigurasi melalui sebuah aplikasi pada smartphone. Dan dengan memasang beberapa unit di seluruh penjuru rumah, Google Wifi akan secara transparan akan saling bekerjasama membentuk jaringan wifi yang luas dan kuat sehingga pengguna gadget selalu terhubung dengan sinyal wifi yang paling baik. Fitur Network Assist pun akan selalu bekerja diam-diam untuk mengoptimalkan kecepatan dan kualitas koneksi.

Google Wifi akan mulai tersedia pada bulan Desember dengan harga US$ 129 untuk satu unit dan US$ 299 untuk pembelian paket yang terdiri dari 3 unit. Sementara waktu, Google Wifi baru akan tersedia di Amerika Serikat.

Google Home
Google Home adalah asisten pintar  virtual yang berinteraksi dengan penggunanya melalui perintah suara. Dengan hanya menyebutkan “Okay Google”, perangkat Google Home akan siap mendengarkan pertanyaan ataupun perintah penggunannya dan memberikan jawaban yang akurat berdasarkan algoritma kecerdasan buatan yang sudah diimplementasikan Google pada seluruh server server search enginenya.

google-home

Google Home juga kompatibel dengan beberapa perangkat smarthome dari Nest, Philips, SmartThings, dan IFTTT. Dengan begitu, setiap perangkat rumah yang terhubung dapat dikontrol melalui Google Home. Sebagai contoh: lampu, sistem pendinginan dan pemanasan, serta mendengarkan lagu streaming, semuanya dapat dikendalikan hanya dengan berbicara pada Google Home ini.

Google Home akan tersedia mulai bulan November dengan harga US$ 129, sayang nya, lagi lagi baru akan tersedia di Amerika Serikat.

(sumber: GSMArena – Pixel, GSMArena – Home and Chromecast, GSMArena – Wifi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s