Helm airbag untuk pengendara sepeda

Bersepeda untuk sebagian besar orang mungkin terkesan sebagai sesuatu yang aman dan tak begitu beresiko, dengan pemikiran seperti ini maka tidak heran jika banyak pengendara sepeda yang enggan menggunakan helm saat bersepeda. Padahal penelitian menyimpulkan bahwa dengan menggunakan helm pun, bersepeda masih merupakan salah satu kegiatan yang beresiko.

Alasan keengganan banyak pengendara sepeda menggunakan helm biasanya simpel, “helm itu bikin ribet” “helm itu bikin kita tidak bisa bergerak leluasa”, dua kalimat itu mungkin yang paling sering didengar.

airbag-hovding

Helm Airbag Hövding

Nah, atas fakta diatas, dua orang yang berasal dari Swedia, Anna Haupt dan Terese Alstin, sebagai bagian dari tesis pendidikan master mereka, melakukan penelitian sejak tahun 2005 mengenai helm sepeda yang membuat para pengendara sepeda tidak enggan memakainya. Keduanya kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama Hövding.

Jerih payah tim R&D di Hövding akhirnya membuahkan hasil. Mereka baru-baru ini memperkenalkan sebuah helm untuk para pesepeda yang bekerja seperti sebuah airbag pada mobil. Helm ini pada dasarnya baru akan “aktif” jika controller yang berupa komputer kecil mendeteksi adanya potensi jatuh sang pengendara sepeda tersebut. Sebuah controller kecil yang dilengkapi dengan algoritma canggih hasil penelitian bertahun-tahun akan membaca data dari setiap sensor yang dapat membedakan gerakan pengendara sepeda sebagai gerakan normal biasa atau gerakan karena tertabrak atau terjatuh. Helm Airbag yang dibuat Hövding, ketika aktif akan menutupi hampir seluruh bagian kepala termasuk juga bagian dahi, namun masih menyisakan bagian wajah depan agar tetap dapat melihat dan bernafas dengan bebas.

Helm Airbag ini terbukti mampu menyerap energi benturan jauh lebih banyak daripada helm biasa, sekitar 3x lebih banyak. Para ahli di Stanford, dalam penelitian terakhirnya mengenai efektifitas perlindungan helm, pun ternyata menyebutkan bahwa sistem Helm Airbag Hövding melindungi kepala lebih baik.

Helm Airbag Hövding berbentuk seperti penutup leher yang modis, sama sekali tidak terlihat bahwa pengendara sepeda yang menggunakannya sudah terlindungi dengan sebuah helm. Dengan demikian, kesan ribet nya menggunakan helm seharusnya sudah tidak lagi dirasakan para pesepeda. Dengan penelitian lebih lanjut, bukan tidak mungkin helm sejenis ini juga nantinya akan dapat dipergunakan untuk melindungi para pengendara motor.

Sayangnya helm ini belum tersedia di Indonesia.

Video demonstrasi cara kerja helm ini dapat dilihat di bawah ini:

(sumberHövding)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s