Update! 23 Aplikasi Windows yang bermanfaat (dan gratis*)

Dengan begitu banyak tersedianya Freeware untuk sistem operasi Windows, masih adakah alasan untuk menggunakan aplikasi bajakan? Dengan kenyataan bahwa aplikasi bajakan seringkali membuat PC kita menjadi semakin rentan terhadap serangan virus, malware, dan adware, maka aplikasi Freeware menjadi opsi yang lebih aman dan masuk akal.

Memang, ada sisi yang kurang menyenangkan jika kita menggunakan aplikasi gratis sebagai alternatif dari aplikasi yang biasa digunakan. Yang paling sering menjadi kendala adalah pengguna harus menyesuaikan diri dengan perbedaan tampilan dan fungsi aplikasi. Tapi percayalah, dengan membiasakan diri menggunakannya dalam keseharian, maka perbedaan tersebut akan menjadi tidak signifikan.

Toh, kalaupun ada hal hal yang tidak kita mengerti dalam menggunakan aplikasi Freeware ini, selalu tersedia pertolongan dari ‘mbah Google’ atau ‘abah Bing’ yang dapat mengarahkan kita ke forum forum pengguna yang banyak bertebaran di Internet.

Setelah sekitar 20-tahunan penulis berkecimpung dalam dunia PC dan aplikasinya, ada beberapa aplikasi yang menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kegiatan pekerjaan penulis. Pada ulasan kali ini, penulis akan memberikan informasi singkat mengenai aplikasi-aplikasi tersebut serta dimana aplikasi itu dapat diunduh. Dengan demikian, pembaca tidak lagi harus mencari cari aplikasi yang cocok dari begitu banyak aplikasi yang bertebaran di Internet. Semoga bermanfaat.

1. FreeOffice (http://www.freeoffice.com/en/) atau LibreOffice (http://www.libreoffice.org/)

FreeOffice TextMaker

FreeOffice TextMaker

FreeOffice PlanMaker

FreeOffice PlanMaker

FreeOffice Presentation

FreeOffice Presentation

Penulis yakin, sebagian besar pembaca pastinya pernah bersentuhan dengan salah satu aplikasi Word Processing, Spreadsheet, ataupun Presentasi pada pekerjaannya. Microsoft (masih) merupakan rajanya dengan aplikasi Microsoft Office. Dan karena itu pula, tidak heran jika Microsoft Office merupakan salah satu program yang paling sering dibajak.

Dahulu, belum banyak aplikasi alternatif Office yang memiliki kinerja yang baik. Tapi sekarang ini, sudah cukup banyak aplikasi alternatif Office yang memiliki kompatibilitas dan performa yang mendekati paket Office dari Microsoft. Penulis sudah pernah mencoba beberapa, diantaranya LibreOffice, FreeOffice, OpenOffice, IBM Lotus Symphony, dan WPS Office (dulu dikenal sebagai KingSoft Office), namun pilihan penulis yang pertama adalah FreeOffice, kenapa?

Satu hal yang pasti, tingkat kompatibilitas file pada FreeOffice sangat baik, sehingga file dokumen yang dibuat di Microsoft Office tidak mengalami perubahan struktur ataupun tampilan. FreeOffice juga relatif tidak membebani komputer, sehingga dapat dipasangkan pada komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Alternatif kedua nya adalah LibreOffice, aplikasi ini sangat lengkap, begitu lengkapnya sehingga ukurannya menjadi jauh lebih besar daripada FreeOffice. Penulis meng-instalasikan kedua aplikasi ini dalam satu PC agar saling melengkapi. Sebagian besar kebutuhan penulis tercukupi oleh FreeOffice, namun untuk hal hal yang mungkin tidak dimiliki oleh FreeOffice maka tersedia LibreOffice.

2. Avast! (https://www.avast.com/en-id/index) Atau Bitdefender (http://www.bitdefender.com/solutions/free.html)

Virus dan Malware, masih tetap menjadi faktor pengganggu di dunia Windows, terutama jika Windows yang terpasang adalah versi tidak resmi atau bajakan. Oleh karena itu, gunakanlah Windows resmi yang dilengkapi dengan Antivirus yang baik. Windows yang resmi memiliki program Antivirus built-in yang cukup baik, bekerja tenang di latar belakang. Namun karena penulis menginginkan proteksi lebih, maka penulis beralih ke Bitdefender Free sebagai pilihan pertama, Bitdefender memiliki reputasi sangat baik dimana dia memiliki tingkat deteksi yang tinggi dengan kinerja yang tidak membebani PC.

BitDefender Free

BitDefender Free

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat beralih ke Avast! Free Antivirus. Avast! Memiliki tampilan yang lebih menyenangkan dan lebih lengkap. Sementara BitDefender Free, dengan tampilan yang sederhana dan minimalis, mungkin tidak sesuai dengan selera sebagian pengguna. The choice is yours. Keduanya adalah program yang berfungsi amat baik.

Dua lagi alternatif Antivirus Freeware yang bekerja sangat baik, Avira Free Antivirus dan AVG Antivirus Free, dapat di download di: Avira Free Download dan AVG Free Download

3. CCleaner (http://www.piriform.com)

Pernah dipusingkan dengan ukuran free space di harddisk yang semakin mengecil? Bisa jadi itu karena semakin banyaknya file file temporer, cache, log, sisa instalasi yang sudah tidak lagi diperlukan. Memang, file file tersebut dapat dihapus dengan relatif mudah, namun krn lokasinya tersebar, menghapus file file itu menjadikannya begitu menyita waktu.

CCleaner

CCleaner

CCleaner dibuat untuk membantu. Dengan CCleaner, maka file file yang tidak diperlukan dapat dihapus dengan satu klik. Selain itu, CCleaner juga dilengkapi dengan program pembersih registry, pengatur startup, dan banyak lainnya. Tapi harap diperhatikan, seperti hal nya program program pembersih lainnya, pengguna harap berhati hati dalam memilih opsi pembersihan. Jika kurang paham, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada yang lebih berpengalaman.

4. Recuva (http://www.piriform.com)

Pernah kehilangan file karena tidak sengaja terhapus? Maka program ini dapat membantu, asalkan posisi file yang terhapus belum tertimpa oleh file lain. Program Recuva akan melakukan scan file file yang terhapus dan menampilkannya di layar, tinggal pilih file yang akan di recover, dan Insya Allah, file bisa didapatkan kembali.

Recuva

Recuva

5. Speccy (http://www.piriform.com)

Penasaran dengan merek, tipe, dan jenis komponen yang ada dalam PC ataupun Notebook pembaca? Coba program Speccy ini. Program ini dengan cukup detail menampilkan seluruh komponen yang terpasang pada PC ataupun Notebook.

Speccy

Speccy

6. CPU-Z (http://www.cpuid.com)

Untuk mengetahui spesifikasi processor yang digunakan pada PC atau Notebook, jalankan program ini, informasi jenis processor yang ditampilkan sangat lengkap.

CPU-Z

CPU-Z

7. CrystalDiskInfo (http://crystalmark.info/download/index-e.html)

Dengan program ini, kondisi kesehatan hard disk dapat dilihat. CrystalDiskInfo mengandalkan mekanisme SMART (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) untuk mendeteksi gejala kerusakan hard disk. Jalankan sesekali program ini untuk mengetahui kondisi hard disk.

CrystalDiskInfo

CrystalDiskInfo

8. FreeCommander XE (http://freecommander.com/en/downloads/)

Bagi pengguna PC senior 😉 , mungkin sudah tahu manfaat yang diberikan oleh aplikasi Norton Commander pada jaman dahulu. Nah, program ini merupakan tiruan dari Norton Commander namun telah disesuaikan dengan perkembangan jaman. Penggunaannya mudah, fiturnya banyak, sangat baik untuk dijadikan alternatif (atau pengganti?) dari Windows Explorer standar.

FreeCommander XE

FreeCommander XE

9. Audacity (http://audacityteam.org/)

Penulis menggunakan program Audacity untuk melakukan editing pada file file audio. Pemotongan file audio, perubahan volume file audio, dan efek efek lainnya dapat dilakukan dengan program Audacity ini.

Audacity

Audacity

10. GIMP (http://www.gimp.org/)

Photoshop. Hampir semua orang pernah dengar. Photoshop adalah program image editor bitmap yang sangat canggih. Dan sangat mahal. Alternatif nya? Gunakan GIMP ini. Image Editor gratis yang memiliki kemampuan yang juga sangat baik. Kelemahannya? Tampilan antarmuka nya sangat berbeda dengan Photoshop, jadi harus ada proses belajar kembali.

GIMP

GIMP

11. PuTTY (http://www.putty.org/)

Sahabat para admin dunia IT, baik itu administrator PC (Linux, Unix, Windows, OS X) maupun administrator Networking (Cisco, Juniper, dsb). PuTTY merupakan program terminal yang mendukung Telnet, Rlogin, SSH, ataupun Serial.

12. Mozilla Thunderbird (https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/)

Pembaca ingin mengelola email email-nya tapi enggan mengeluarkan dana untuk membeli Microsoft Outlook? Gunakan saja Mozilla Thunderbird ini. Tampilannya mungkin tidak se-elegan Outlook, tapi secara fungsi sangat mencukupi, tidak kalah lengkap dibandingkan Outlook. Penulis saat ini memiliki banyak akun email yang diatur oleh program ini. Sangat membantu.

13. CDRTFE (http://cdrtfe.sourceforge.net/)

Program opensource gratis untuk mem-burn CD/DVD. Alternatif dari program Nero Burning ROM.

CDRTFE

CDRTFE

14. PeaZip (http://www.peazip.org/)

Program penulis dan pembaca file ZIP yang merupakan alternatif dari WinZip. WinZip tidak sepenuhnya gratis, sedangkan PeaZip ini gratis. Ada juga 7-Zip, jika pembaca kurang suka dengan aplikasi PeaZip ini.

PeaZip

PeaZip

15. WinDirStat (https://windirstat.info/)

WinDirStat

WinDirStat

Bayangkan pembaca memiliki hard disk sebesar 2TB, dengan sisa penyimpanan yang hanya 200GB, file file mana yang paling besar ukurannya? Di direktori mana? Jika jumlah direktori nya lebih dari 100 dan jumlah file nya ribuan bahkan puluhan ribu, pastinya akan sangat menyita waktu untuk mencarinya.
Dengan WinDirStat, seluruh file dan direktori divisualisasikan dalam bentuk kotak kotak berbeda ukuran, dimana kotak dengan ukuran besar dapat diartikan bahwa file ataupun direktori yang bersangkutan menyita banyak tempat. Sangat membantu jika pembaca sedang berusaha mengurangi file file besar yang tidak terpakai lagi.

16. VLC (http://www.videolan.org/index.html)

VLC merupakan program pemutar file multimedia yang mendukung banyak format standar. Tampilannya memang sederhana dan tidak ‘wah’, namun kinerjanya sangat baik. Jika file film pembaca tidak dapat diputar oleh Windows Media Player, cobalah download program VLC ini.

17. FastStone Image Viewer (http://www.faststone.org/)

Windows tidak memiliki aplikasi Image Viewer yang lengkap. FastStone Image Viewer bekerja jauh lebih bagus. Tampilannya mungkin terkesan rumit. Luangkan waktu sebentar untuk mempelajarinya, maka program ini pasti akan lebih memuaskan penggunanya. Selain sebagai viewer, program ini juga dapat digunakan sebagai editor ringan. Fungsi seperti Crop, Resize, bahkan beberapa Visual Effect pun tersedia.

FastStone Viewer

FastStone Viewer

18. Malwarebytes Antimalware (https://www.malwarebytes.org/)

Malwarebytes

Malwarebytes

Malwarebytes Antimalware sangat bermanfaat dan banyak membantu penulis ketika harus membersihkan PC ataupun Notebook yang terkena infeksi Malware. Pada versi gratisnya, program ini tidak memiliki fasilitas pendeteksian realtime. Proses pembersihan malware hanya dilakukan secara offline. Tapi bagi penulis, versi gratisnya pun sudah sangat cukup, asalkan Notebook/PC kita telah juga dilengkapi dengan Antivirus, sehingga pemblokiran Virus ataupun Malware dilakukan oleh Antivirus, sedangkan pembersihan (jika Malware lolos dari Antivirus) dapat dilakukan oleh Malwarebytes Antimalware.

19. Macrium Reflect Free (http://www.macrium.com/reflectfree.aspx)

Macrium Reflect Free, digunakan oleh penulis untuk mem-backup seluruh isi hard disk. Sistem Operasi, Files, Aplikasi, bahkan struktur partisi pun dapat dibackup oleh aplikasi ini. Sangat bermanfaat jika terjadi kerusakan total pada hard disk dan pembaca hendak mengganti hard disknya dengan hard disk yang baru.

20. Paint.Net (http://www.getpaint.net/index.html)

Paint.Net

Paint.Net

Ingat aplikasi GIMP yang telah dibahas diatas? GIMP termasuk canggih namun kompleks dan memerlukan PC atau Notebook yang memiliki spesifikasi cukup tinggi. Untuk keperluan image editing yang lebih sederhana, gunakan Paint.Net yang lebih ringan ini. Fiturnya jauh melebihi aplikasi Paint dari Microsoft Windows.

21. SMADAV (http://www.smadav.net/)

Last but not the least. Smadav adalah aplikasi Antivirus lokal sebagai pendamping Antivirus non-lokal. Bekerja dengan kompatibilitas yang sangat baik. Performanya cukup bisa diandalkan. Masih ada beberapa kelemahan minor namun tidak mengganggu. Penulis telah melakukan review singkat terhadap program SMADAV pada posting sebelumnya disini. Versi gratis tidak dilengkapi dengan fasilitas auto-update. Disarankan membeli versi Pro nya dengan harga yang sangat terjangkau.

22. Inkscape (https://inkscape.org/en/)

Jika GIMP dan Paint.net merupakan alternatif dari aplikasi Adobe Photoshop ataupun Corel Photopaint, lalu bagaimana dengan alternatif Corel Draw ataupun Adobe Illustrator? jangan khawatir, penulis yakin bahwa kebutuhan sebagian besar pembaca akan terpenuhi dengan program Inkscape. Walaupun saat ini Inkscape masih belum mencapai versi 1.0 (masih versi 0.91 ketika tulisan ini dibuat), namun programnya sudah stabil untuk digunakan sehari-hari.

inkscape

Layar tampilan Inkscape

23. Scribus (https://www.scribus.net/)

Pembaca yang sering menggunakan Adobe InDesign mungkin sudah hafal dengan harganya nya yang cukup menguras isi dompet. Nah, untuk pembaca yang ingin mencoba menggunakan aplikasi Desktop Publishing yang gratis namun juga canggih, pembaca boleh melirik aplikasi Scribus. Seperti biasa, untuk benar-benar menguasainya, perlu cukup banyak waktu untuk mempelajarinya, namun percayalah, semua nya menjadi worth it jika melihat output yang dapat dihasilkan aplikasi ini.

Demikian ulasan 23 program Freeware yang digunakan oleh penulis, semoga ulasan ini cukup dapat meyakinkan pembaca untuk berhenti menggunakan program program bajakan dan beralih ke program gratis namun berkualitas.

Catatan Penting dari penulis: Harap perhatikan secara seksama opsi opsi yang muncul pada proses instalasi program program Freeware, karena pada beberapa Freeware, jika pengguna kurang jeli dalam memilih opsi, maka Freeware tersebut akan meng instalasikan program lain yang mungkin tidak diinginkan. Sedapat mungkin pilih opsi Advanced atau Custom pada proses instalasi, sehingga pengguna dapat memilih opsi program yang akan dipasang.

*Free, Gratis. Beberapa program yang diulas diatas dapat dipergunakan secara cuma cuma hanya jika dipergunakan untuk kepentingan pribadi dan bukan dalam penggunaan komersil, seperti di perusahaan ataupun di lembaga lembaga lainnya. Harap baca terlebih dahulu informasi yang terdapat pada situs masing masing program.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s