Pengguna WinRAR harus lebih waspada dengan adanya malware terbaru

MalwareRAR menjadi cukup populer karena memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi daripada apa yang dicapai oleh ZIP, oleh karena itu aplikasi WinRAR seringkali dipergunakan untuk mengkompresi data agar dapat dikirimkan melalui email dengan ukuran yang lebih kecil.

Namun kini, para pengguna WinRAR (dan TrueCrypt) harus lebih berhati-hati memilih sumber download karena saat ini sudah beredar beberapa aplikasi WinRAR dan TrueCrypt yang sudah diinfeksi oleh malware StrongPity.

Tim periset Kaspersky menemukan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, insiden infeksi pada PC dan Notebook yang dilengkapi dengan aplikasi WinRAR dan TrueCrypt semakin menjadi-jadi. Tim Kaspersky selanjutnya juga mengatakan bahwa ternyata beberapa situs download di Internet menyimpan file instalasi WinRAR dan TrueCrypt yang telah disisipi malware.

Malware StrongPity, jika berhasil menginfeksikan dirinya ke dalam PC ataupun Notebook, akan mampu mengambil alih PC pengguna dan  mencuri data pada hard disk. Sejauh ini, memang negara Belgia dan Italy menjadi dua negara yang menjadi korban malware StrongPity terbanyak, namun pembaca yang menggunakan WinRAR dan TrueCrypt sudah selayaknya waspada. Pastikan pembaca mendownload kedua aplikasi tersebut dari sumber yang terpercaya. Jika memungkinkan cek terlebih dahulu integritas file yang di download dengan MD5 & SHA checksum.

(sumber: Toms’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s