Dari beberapa wearables yang diteliti, Apple Watch ternyata paling akurat mengukur detak jantung

Salah satu fitur yang sangat berguna pada sebuah smartwatch ataupun fitness tracker adalah kemampuannya untuk mendeteksi detak jantung. Memang, tingkat akurasi sensornya dapat dibilang masih jauh dari akurasi yang didapatkan oleh peralatan khusus seperti EKG (Elektrokardiogram). Namun seberapa jauhkah perbedaannya? Nah atas pertanyaan seperti ini, para peneliti di Cleveland Clinic melakukan riset tingkat akurasi beberapa merek wearables jika dibandingkan dengan hasil pengukuran EKG.

apple-watch-2

Fitbit Charge HR, Apple Watch, Mio Alpha, serta Basis Peak menjadi objek penelitian kali ini, dan dari wearables yang ditest, ternyata Apple Watch menjadi yang paling akurat, dengan angka akurasi 90%, sedangkan yang lainnya memiliki tingkat akurasi sekitar 80%.

Penelitian ini melibatkan 50 orang yang dikategorikan sebagai sehat, dimana masing-masing dari mereka diminta untuk melakukan pengukuran dengan EKG lalu menggunakan wearables pada kondisi diam, berjalan, lalu berlari pada sebuah treadmill. Satu hal yang patut menjadi catatan dari penelitian ini adalah tingkat akurasi semua wearables ternyata ada pada tingkat tertinggi ketika penggunanya dalam keadaan diam dan menurun ketika penggunannya mulai berjalan apalagi ketika berlari. Jadi untuk pembaca yang memiliki sebuah smartwatch ataupun fitness tracker, untuk akurasi pengukuran yang terbaik, lakukanlah ketika pembaca ada pada posisi diam beberapa saat.

(sumber: Time)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s