Di Indonesia, Blackberry akan bekerjasama dengan PT. Telkom untuk memproduksi dan mendistribusikan smartphone Blackberry

telkom-bb

Sejak akhir bulan yang lalu, Blackberry secara resmi sudah mengumumkan bahwa mereka akan menutup divisi hardware mereka. Blackberry akan menunjuk (dan memberikan lisensi kepada) beberapa produsen hardware untuk memproduksi smartphone dengan merek dan software milik Blackberry.

Indonesia, sebagai satu-satunya negara dimana marketshare hardware dan aplikasi Blackberry (BBM) masih sangat eksis, sudah tentu menjadi perhatian besar bagi para petinggi Blackberry. Keputusan mereka untuk melepaskan bisnis hardwarenya pada pihak ketiga ternyata sangat sejalan dengan apa yang sudah dicanangkan pemerintah Indonesia mengenai kewajiban para produsen smartphone yang ingin berbisnis di Indonesia untuk meningkatkan kandungan konten lokal (dapat berubah hardware maupun software) sampai dengan 40% pada tahun 2018 nanti.

dtek60Indonesia ini cukup unik, menurut penelitian yang dilakukan oleh Wall Street Journal, aplikasi BBM ternyata masih secara aktif digunakan oleh sekitar 60 juta pelanggan di Indonesia pada saat di berbagai belahan dunia lainnya marketshare BBM sudah menjadi tidak lagi relevan. Maka tidaklah heran jika kemudian Blackberry akan mati-matian berusaha mempertahankan “keunikan” pasar di Indonesia ini. Apalagi, menurut Euromonitor International, sebelum tahun 2020 nanti, Indonesia akan menjadi pasar gemuk nomor 4 di dunia bagi para produsen smartphone dan tablet.

Dengan fakta saat ini dan target pasar masa depan, Blackberry bertindak cukup cepat untuk kemudian menggandeng PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. Telkom) untuk memproduksi dan memasarkan smartphone bermerek Blackberry di Indonesia. Bagi Blackberry, bekerja sama dengan sebuah provider telekomunikasi terbesar di Indonesia sudah tentu akan mendatangkan banyak nilai positif untuk mempertahankan eksistensinya di negara kita ini, sedangkan bagi PT. Telkom, kerjasama ini tentunya akan memberikan pengalaman berharga dalam langkah pertama PT. Telkom menjadi produsen smartphone kelas dunia.

(sumber: Wall Street Journal via Phone Arena)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s