3 chipset kelas menengah Qualcomm diperkenalkan: Snapdragon 427, 626, dan 653

sd-new

Jajaran chipset Snapdragon dari Qualcomm saat ini boleh dibilang memiliki marketshare terbesar di pasar chipset untuk smartphone, tablet, dan gadget lainnya. Namun tingkat kompetisi yang semakin memanas saat ini mau tidak mau membuat Qualcomm terus memperbarui produknya dengan dalam kurun waktu yang terbilang singkat. Munculnya chipset baru kelas menengah dari Samsung (dengan chipset Exynos-nya) serta MediaTek (dengan chipset Helio-nya) membuat Qualcomm akhirnya juga meluncurkan 3 produk chipset baru sekaligus. Ketiganya diposisikan untuk gadget dengan tingkat performa menengah sampai dengan menengah-atas.

fitur-653

Produk pertama yang diperkenalkan yaitu Snapdragon 653, model tertinggi diantara ketiga produk yang muncul hari ini. Snapdragon 653 merupakan iterasi dari Snapdragon 650. Struktur dasarnya masih sama dengan pendahulunya, masih merupakan chipset dengan 8-buah core (4x Cortex-A72 dan 4x Cortex-A53), hanya saja kali ini Snapdragon 653 berkerja 10% lebih cepat (1,95 GHz) serta mendukung memori RAM yang dua kali lebih besar, yaitu 8 GB. Modul modem pada Snapdragon 653 juga sudah ditingkatkan, kini dengan modul X9 LTE yang disebut-sebut dapat mencapai kecepatan download 300 Mbps serta upload 150 Mbps. Chipset ini kini mendukung kamera dengan resolusi sampai dengan 21 MP, serta layar beresolusi 2560 x 1600 pixels.

fitur-626

Lalu produk kedua adalah Snapdragon 626. Ia juga merupakan produk iterasi dari model yang digantikannya, Snapdragon 625. Pada chipset Snapdragon 626 ini, Qualcomm menyebutkan bahwa peningkatan performa yang diperoleh adalah sekitar 10%, melalui penggunaan 8-buah core Cortex-A53 yang bekerja pada kecepatan 2,2 GHz. Dan seperti pada Snapdragon 653, kini Snapdragon 626 juga menggunakan modem yang lebih cepat yaitu X9 LTE, yang mendukung kecepatan 300 Mbps dan 150 Mbps (Download / Upload). Resolusi layar yang didukung chipset ini adalah 1900 x 1200 pixels dengan dukungan resolusi kamera yang aneh nya justru lebih besar daripada Snapdragon 653, yaitu 24 MP.

fitur-427

Produk ketiga yang diluncurkan Qualcomm, yang merupakan produk model terendah dijajaran ini, adalah Snapdragon 427. Snapdragon 427 dibuat untuk menggantikan Snapdragon 425. 4 buah core Cortex-A53 berkecepatan 1,4 Ghz tersemat dalam chipset ini tidak memberikan peningkatan performa yang berarti dibandingkan dengan pendahulunya, namun ternyata, modem yang ada pada Snapdragon 427 ini justru mengalami peningkatan performa yang drastis. Modem yang digunakan sama dengan “kakak-kakak” nya diatas, yaitu X9 LTE. Snapdragon 427 dapat diimplementasikan pada smartphone dengan layar beresolusi maksimal 1280 x 800 pixels yang disematkan kamera dengan resolusi 16 MP.

Hebatnya, ketiga chipset terbaru Qualcomm ini ternyata sudah mendukung teknologi kamera dengan dua lensa yang Qualcomm sebut dengan istilah ClearSight. Dengan demikian, ini berarti bahwa teknologi kamera dua lensa pada smartphone tidak lagi menjadi fitur unggulan hanya pada model-model high-end namun juga akan tersemat pada model-model menengah. Teknologi charging cepat, QuickCharge 3.0, juga sudah ada pada ketiga chipset ini, sehingga para pembeli smartphone menengah nantinya tidak perlu lagi berlama-lama menunggu baterai smartphone kesayangannya penuh. Kedua fitur ini memberikan kejutan menyenangkan bagi para calon pembeli smartphone, karena nantinya dengan harga yang relatif lebih murah, mereka juga dapat merasakan fitur-fitur yang selama ini identik dengan smartphone high-end yang mahal. Kompetisi itu indah bukan? 🙂

(sumber: Qualcomm)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s