Adu kekuatan chipset belum selesai, kini giliran HiSilicon (Huawei) merilis Kirin 960

MediaTek dan Qualcomm sudah terlebih dahulu meluncurkan produk chipset high-end nya. Dan kini HiSilicon (anak perusahaan Huawei) pun tidak mau ketinggalan kereta dengan segera merilis Kirin 960. Kirin 960 merupakan chipset 8-core yang terbagi menjadi dua cluster. Cluster pertama berisi 4 buah core Cortex-A73 yang bertugas menangani aplikasi-aplikasi yang membutuhkan banyak resource, sedangkan cluster kedua yang berisi 4 buah core Cortex-A53 bertugas untuk menghandle tugas-tugas yang lebih ringan dan mengutamakan efisiensi penggunaan baterai.

kirin-960

Dalam hal pemrosesan data Kirin 960 memang lebih cepat daripada pendahulunya Kirin 950, namun peningkatan performa paling signifikan muncul dari sisi chip pemrosesan grafis nya (GPU). Dengan menggunakan GPU Mali G-71M8, Kirin 960 memiliki performa grafis 180%  lebih cepat daripada pendahulunya yang menggunakan Mali-T880 MP4.

Slide presentasi mengenai performa Kirin 960 ini menunjukkan bahwa benchmark Kirin 960 sangatlah kompetitif. Ia mampu menggapai posisi dua tercepat setelah chipset A10 milik Apple pada benchmark GeekBench Single Core dan mengalahkan A10 pada test GeekBench Multi Core. Sementara itu pada benchmark grafis GFXBench, Kirin 960 lagi-lagi menempati urutan kedua dibawah Apple A10, namun mengalahkan semua chipset lainnya, termasuk Exynos 8890 milik Samsung dan Snapdragon 821 dari Qualcomm.

Selain memiliki performa CPU dan GPU yang cukup gahar, Kirin 960 kini juga mendukung teknologi RAM terbaru LPDDR4 serta modem LTE Cat.12/13 yang berkecepatan tinggi, sampai dengan 600 Mbps download dan 150 Mbps upload. Kirin 960 dibuar dengan proses 16nm FinFET oleh pabrik chip TSMC. Dan Huawei Mate 9 diperkirakan akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset baru ini. Bagaimana performa riil nya? kita tunggu saja saat peluncuran Mate 9 pada 3 November nanti.

(sumber: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s