Nintendo Switch: Usaha Nintendo untuk kembali sukses di pasar game console

Bersaing dengan nama besar game console seperti Sony PS4 dan Microsoft Xbox One memang tidak mudah. Nintendo sudah merasakan pahitnya kompetisi dengan gagalnya Wii U mencapai angka marketshare yang berarti. Nintendo harus berpikir keras untuk mendesain produk yang tidak hanya memiliki performa sebanding dengan para pesaingnya, namun juga memiliki fitur unik yang tidak dimiliki lawannya. Dan sebagai hasil, kini muncullah Nintendo Switch.

nintendo-switch

Nintendo Switch memiliki konsep yang berbeda dari apa yang akan Sony dan Microsoft lakukan dengan PS4 Pro dan XBox Scorpio nanti. Switch merupakan game console hybrid, dimana pada dasarnya ia merupakan sebuah tablet yang dapat dipergunakan untuk bermain game secara langsung melalui layar 7 inci nya namun juga dapat disimpan pada sebuah dock (Switch Dock) yang terhubung dengan TV. Nintendo Switch yang terpasang pada dock nya akan berfungsi sebagaimana halnya game console biasa, seperti PS4 atau XBox. Konsep ini membuat penggunaan Switch lebih fleksibel karena dapat dibawa-bawa.

Secara internal, Switch dikabarkan menggunakan chipset custom yang dibuat oleh nVidia. Chipset ini merupakan pengembangan dari nVidia Tegra yang menggunakan GPU terbaru, kemungkinan berbasis arsitektur Pascal. Sayangnya dalam hal ini, baik Nintendo maupun nVidia lebih memilih untuk mengunci rapat-rapat mulutnya, belum ada informasi detail mengenai spesifikasi chipset dan GPU yang digunakan oleh Switch.

Untuk memfasilitasi desain hybrid dari Nintedo Switch ini, kontrolernya pun berdesain unik. Kontroler yang disebut dengan nama “Joy-Con” ini dapat berfungsi sebagai kontroler biasa dengan memasangkan kedua sisi kiri dan kanannya pada sebuah konektor utama namun dapat juga dipasangkan pada sisi kiri dan kanan dari tablet Switch.

Apakah desain unik Nintendo Switch akan mampu mengambil hati para gamers di seluruh dunia? kita lihat saja nanti ketika Nintendo Switch mulai dipasarkan secara resmi pada bulan Maret tahun 2017. Untuk sementara waktu, pembaca dapat menyaksikan kemampuan Nintendo Switch pada video di bawah ini:

(sumber: Nintendo via Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s