Beberapa situs Internet tidak dapat diakses karena serangan DDoS terhadap Dyn

Dyn, sebuah perusahaan Internet Performance Management yang dahulu lebih dikenal dengan nama DynDNS mengalami serangan DDoS skala besar yang serius. Serangan ini mengakibatkan layanan terhadap beberapa situs terkenal seperti Twitter, GitHub, SoundCloud, Spotify, Reddit, PayPal, CNN, CNBC, dan banyak situs lainnya menjadi terganggu. Serangan terjadi dua kali selama hari Jumat kemarin, yang pertama terjadi pada jam 7 pagi (waktu Amerika Serikat bagian Timur – ET) yang berlangsung selama kurang lebih dua jam. Lalu serangan kedua terjadi pada jam 11:52 siang dan sampai dengan tulisan ini diturunkan belum benar benar berhasil di-mitigasi.

sumber gambar: Citrix

sumber gambar: Citrix

Serangan ini membuktikan bahwa ancaman DDoS itu nyata dan berpotensi menyebabkan kerugian yang sangat besar. Jika pembaca masih ingat, penulis pernah membahas mengenai serangan DDoS yang terjadi pada dua situs milik Cybersecurity Brian Kerbs dan hosting OVH. Semakin banyaknya perangkat yang terhubung dengan Internet, semakin rentanlah infrastruktur Internet. Hal ini menjadi sangat mungkin terjadi karena sampai dengan saat ini begitu banyak produsen perangkat hardware yang “internet-connected” yang mengabaikan keamanan data, banyak produk mereka yang tidak pernah di-update dan di-patch selama bertahun-tahun, sudah tentu ini menjadi santapan lezat bagi para hacker untuk menyerang target-target besar melalui botnet yang terpasang pada perangkat yang memiliki celah keamanan.

Bagi pembaca setia infonologi.com yang memiliki perangkat apapun yang dapat terhubung dengan dunia Internet, pastikan bahwa firmware dan software yang ada pada perangkat tersebut selalu di-update secara rutin. Atau jika produsen perangkat tersebut terkesan lalai menyediakan update, mungkin sudah saat nya untuk beralih ke perangkat lain dari produsen yang lebih concern terhadap keamanan data produknya.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s