Blackberry DTEK60 akhirnya resmi muncul

Sekarang ini mungkin tidak lagi banyak pembaca yang tertarik dengan nama Blackberry walaupun Blackberry juga kini sudah menggunakan sistem operasi Android pada beberapa model smartphone terbarunya. Dari sisi spesifikasi hardware dan desain memang Blackberry tidak terlihat memiliki keunggulan dibandingkan Samsung, misalnya. Namun satu hal yang patut dipuji dari Blackberry adalah komitmen mereka untuk menyediakan update ataupun patch software yang relatif lebih cepat dari apa yang bisa disediakan oleh kebanyakan vendor smartphone Android lainnya.

Blackberry memang sudah memutuskan untuk tidak secara langsung terjun ke dunia hardware smartphone, namun nama mereka tetap eksis melalui tangan-tangan produsen hardware eksternal. Setelah bekerjasama dengan TCL (Alcatel) pada Blackberry DTEK 50, kini smartphone kedua hasil kerjasama dengan TCL sudah resmi juga diperkenalkan. Nama nya DTEK60. Walaupun namanya tidak menginspirasi namun jika ditilik dari spesifikasi, DTEK60 ini ternyata cukup lumayan.

dtek60-1

DTEK60 didisain dengan chassis berbalut metal dengan paduan lapisan kaca pada bagian depan dan belakangnya. Layarnya berukuran 5,5 inci dengan resolusi QHD, dan internalnya dilengkapi dengan chipset Snapdragon 820 ber-memori RAM 4 GB serta penyimpanan 32 GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD.

Kameranya lumayan modern, dengan kamera utama ber-resolusi 21 MP f/2.0 dengan fitur PDAF dan kamera depan 8 MP f/2.2. Sensor sidik jari dan konektor USB Type-C juga tersemat pada Blackberry DTEK60 ini. Baterai yang diusung DTEK60 ini berukuran 3000 mAh

dtek60-2

Dibandingkan dengan smartphone terkini, spesifikasinya memang terbilang biasa saja. namun Blackberry tidak berencana untuk berfokus pada spesifikasi hardware, justru software merekalah yang menjadi fitur unggulan Blackberry. Sistem operasi Android 6.0 yang diadopsi Blackberry merupakan hasil modifikasi para programmer Blackberry yang membuatnya menjadi salah satu sistem operasi dengan tingkat keamanan data tertinggi. Fitur Secure Bootloader dan Hardware Root of Trust membuat smartphone Blackberry cocok digunakan di lingkungan perusahaan ataupun individu yang mengutamakan keamanan data.

Dimensi DTEK60 cukup ringkas yaitu 153.9 mm x 75.4 mm x 7 mm dengan bobot 165 gram.

DTEK60 ditawarkan Blackberry dengan harga US$ 499. Bagi pengguna biasa memang menjadi agak mahal, namun untuk penggunaan di perusahaan yang concern akan keamanan datanya, maka harga tersebut menjadi angka yang wajar.

(sumber: GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s