Apple MacBook Pro terbaru kini dilengkapi dengan Touch Bar

Malam tadi (WIB), pada event yang dinamakan ‘Hello Again’. Apple mempekenalkan generasi terbaru Apple MacBook Pro nya. Ada tiga model MacBook Pro yang kini tersedia, dua model dilengkapi dengan layar 13 inci, sementara satu sisanya dengan layar 15 inci.

apple-macbook-pro-3

Ketiga model MacBook Pro kini sudah ditenagai processor terbaru generasi ke-7, Intel Skylake, mulai dari i5 sampai dengan i7. Sementara itu pada bagian procesor grafis, MacBook Pro 13 inci menggunakan GPU Internal Intel Iris sementara MacBook Pro 15 inci menggunakan GPU AMD Radeon Pro 450, 455, ataupun 460. Ketiga nya juga memiliki bobot yang lebih ringan serta ukuran yang lebih tipis dari MacBook Pro lama. Bahkan untuk MacBook Pro 13  inci, berat dan dimensinya serupa  dengan MacBook Air yang sepertinya akan dipensiunkan dalam waktu tidak terlalu lama.

Touchpad ketiga nya masih dilengkapi dengan teknologi Force Touch yang mampu membedakan tingkat tekanan untuk memberikan respons yang berbeda. Untuk urusan port komunikasi, ketiga nya kini hanya dilengkapi dengan port USB Type-C Thunderbolt 3, jadi untuk pembaca yang masih menggunakan perangkat USB Type-A (model lama), siapkan dompet untuk membeli converter tambahan. Untungnya Apple belum terlalu  berani untuk membuang jack audio 3,5mm untuk headphone.

Dari dua model 13 inci yang diperkenalkan. ada satu hal menarik yaitu dengan diperkenalkannya varian yang memiliki fitur Touch Bar. Touch Bar adalah sebuah layar sentuh berlayar OLED dengan dimensi memanjang di atas keyboard fisik. Touch Bar didesain untuk menggantikan tombol tombol fungsi pada keyboard konvensional. Dengan menggunakan layar sentuh ini, maka pengguna dapat mengatur tombol atau notifikasi apa yang akan ditampilkan pada Touch Bar. Touch Bar juga dapat dimanfaatkan oleh aplikasi yang mendukung untuk menampilkan tombol atau icon yang relevan dengan fungsi aplikasi. Apple menyatakan bahwa selain didukung oleh aplikasi yang dibuat oleh Apple sendiri, beberapa aplikasi terkenal seperti Adobe Photoshop, Affinity Designer, dan Microsoft Office akan memanfaatkan Touch Bar untuk mempermudah penggunanya. Oh ya, Touch Bar juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, sehingga untuk login ataupun melalukan pembayaran melalui Apple Pay, pengguna cukup memindai sidik jarinya pada bagian kanan panel Touch Bar ini.

apple-macbook-pro-2

Apple menyebutkan bahwa layar baru yang tersemat pada ketiga model MacBro Pro ini memilki tingkat kecerahan 67% lebih tinggi, tingkat kontras 67% lebih tinggi, serta 25% lebih banyak warna.

Lalu harganya? di Amerika Serikat, MacBook Pro dengan Touch Bar ditawarkan dengan harga mulai US$ 1799, sementara yang tanpa Touch Bar mulai US$ 1499. Lalu untuk MacBrok Pro 15 inci dengan Touch Bar, dibanderol dengan harga mulai US$ 2399.

Spesifikasi lengkap MacBook Pro 13 dan 15 inci dapat dilihat di situs Apple disini.

Video MacBook Pro dengan Touch Bar dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: Apple dan Engadget)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s