Atap rumah berbasis panel surya dari Tesla

Sebagian besar mengenal Tesla sebagai perusahaan yang memproduksi mobil-mobil listrik yang berpenampilan modern, namun ternyata Tesla pun memiliki produk lain yang masih berhubungan erat dengan kelistrikan yang dapat digunakan di rumah-rumah ataupun gedung perkantoran.

tesla-powerroof

Beberapa hari yang lalu, Elon Musk, Pendiri dan CEO Tesla, memperkenalkan atap rumah Tesla yang mampu menghasilkan energi listrik yang bersumber dari cahaya matahari. Yang unik, walaupun berfungsi sebagai panel surya, namun Solar Roof, demikian atap itu dinamakan, sama sekali tidak terlihat sebagai panel surya biasa, namun bentuk dan tekstur nya justru menyerupai atap rumah biasa. Bahkan Solar Roof dapat dipesan dalam beberapa jenis model seperti Tuscan Glass Tile, Slate Glass Tile, Textured Glass Tile, dan Smooth Glass Tile.

solarroof-options

Desain Solar Roof sangatlah fungsional tanpa mengorbankan faktor estetika. Jika dilihat dari depan ataupun samping, Solar Roof terlihat seperti atap rumah biasa, namun jika dilihat secara tegak lurus dari atas, maka panel surya nya akan terlihat jelas. Elon Musk lebih lanjut mengatakan bahwa tingkat efisiensi dari Solar Roof miliknya adalah sekitar 98% dari panel surya biasa. Namun, Tesla sedang bekerjasama dengan 3M  untuk meningkatkan tingkat efisiensinya agar sama bahkan lebih tinggi dari apa yang dicapai panel surya saat ini.

solarroof-anatomy

Berapa harganya? Elon Musk belum menyebutkannya secara spesifik, namun menurutnya, jika harga Solar Roof yang digabungkan dengan berkurangnya tagihan listrik rumah, maka harga operasionalnya akan menjadi lebih murah daripada atap rumah biasa. Dan dibandingkan dengan atap rumah biasa, Solar Roof disebut memiliki daya tahan 3 kali lebih lama.

Selain memperkenalkan Solar Roof, Elon juga memperkenalkan iterasi terbaru dari Powerwall yang disebut dengan Powerwall 2.0. Powerwall 2.0 merupakan sebuah kotak yang berisi baterai yang memiliki kemampuan untuk menyimpan daya sebesar 14 kWh. Powerwall 2.0 ini sangat cocok untuk dipasangkan dengan Solar Roof, sehingga rumah-rumah yang dilengkapi dengan keduanya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan listriknya sendiri.

powerwall-2

Powerwall 2.0

Powerwall 2.0 dihargai US$ 5500 per unit dan akan mulai tersedia dalam beberapa minggu kedepan.

(sumber: Tesla dan TechCrunch)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s