Benchmark AMD Zen sudah mulai muncul?

zenUntuk mematahkan dominasi Intel, AMD harus bekerja keras. Butuh waktu beberapa tahun bagi AMD untuk mendesain ulang arsitektur processornya agar dapat mendekati atau melampaui performa yang disuguhkan oleh jajaran processor Intel. Jerih payah AMD nantinya akan tertuang dalam sebuah processor dengan arsitektur yang didesain sama sekali baru, dan processor terbaru AMD tersebut akan diberi nama Zen. Zen diperkirakan akan mulai dikirimkan ke produsen Notebook dan PC pada akhir tahun 2016 ini, sehingga harapannya pada awal ataupun pertengahan tahun 2017, AMD Zen akan dapat diperoleh di pasaran.

Banyak orang yang masih penasaran dengan potensi performa yang dimiliki Zen, akankan ia mampu menyaingi atau mengalahkan processor terbaik Intel? Akankan performa tersebut harus ditebus dengan tingkat penggunaan daya listrik yang lebih besar sehingga menjadi lebih panas? Belum ada jawaban definitif atas AMD Zen. Namun, baru-baru ini, sebuah situs bernama blenchmark.com yang merupakan situs benchmark yang menggunakan aplikasi Blender sebagai acuan performa-nya mencantumkan sebuah processor dengan nama “AMD Engineering Sample” pada posisi yang terbilang mencengangkan, bersaing dengan processor Intel Xeon E5 yang terbilang memiliki performa sangat tinggi. Processor AMD yang beredar di pasaran saat ini sudah pasti tidak akan mampu memposisikan dirinya pada tingkatan performa setinggi ini, bahkan ia belum mampu mengalahkan atau mendekati performa Intel Core i5 generasi ke-5 ataupun ke-6 yang lalu.

Lalu processor apakah AMD Engineering Sample ini? jawaban yang paling memungkinkan adalah AMD Zen. Arsitektur AMD Zen memang didisain dengan pemikiran skalabilitas. AMD Zen akan tersedia dalam bentuk processor untuk Notebook, namun juga akan tersedia dalam bentuk processor bagi sebuah Server. Jadi jika ada sebuah processor AMD berbasis Zen yang mampu menyaingi Intel Xeon, sudah pasti itu merupakan berita yang sangat menggembirakan bagi para pecinta AMD maupun mereka-mereka yang menginginkan persaingan fair di dunia processor. Dominasi suatu perusahaan yang terlalu kuat sudah pasti tidak baik bagi konsumen karena tidak ada perang harga, tidak ada perang spesifikasi, semuanya dikontrol oleh satu vendor besar. Namun jika AMD Zen mampu memberikan performa seperti apa yang dijanjikannya, maka ini akan membuat Intel sangat waspada. Konsumen akan diuntungkan karena ini berarti harga processor performa tinggi akan mulai turun menjadi lebih terjangkau.

Bagi pembaca yang penasaran dengan hasil benchmark pada blenchmark.com, perhatikan gambarnya di bawah ini:

amd-zen-benchmark

(sumber: Blenchmark)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s