Celah keamanan pada Windows: Microsoft dibuat sedikit kesal oleh Google

sumber gambar: Citrix

sumber gambar: Citrix

Google baru-baru ini mengumumkan adanya sebuah celah keamanan berbahaya  pada sistem operasi Windows yang berpotensi dieksploitasi oleh para hackers, dan ternyata tindakan Google tersebut membuat Microsoft sedikit kesal. Microsoft berpendapat bahwa mengumumkan celah keamanan kepada khalayak umum sebelum Microsoft selesai membuat dan menguji patchnya merupakan tindakan yang dapat membahayakan pelanggan mereka. Sementara itu Google bersikeras bahwa mereka sudah menginformasikan masalah celah keamanan ini langsung kepada Microsoft 7 hari sebelum mereka memutuskan untuk mengumumkannya. Google beranggapan bahwa Microsoft akan segera membuat patch tidak lama setelah mereka menginformasikan Microsoft, namun ternyata Microsoft memerlukan waktu lebih untuk menguji terlebih dahulu patch-nya.

Dalam keterangannya, Microsoft menyebutkan bahwa patch terhadap celah keamanan ini pada tanggal 8 bulan November ini, sesuai dengan siklus update rutin Microsoft.

Sebuah group hacker yang menamakan dirinya sebagai Fancy Bear sudah memanfaatkan celah keamanan pada sistem operasi Microsoft ini untuk melakukan penyerangan. Hack dilakukan pertama-tama melalui dua celah keamanan yang terdapat pada Adobe Flash yang terpasang pada Windows, kemudian setelah berhasil masuk melalui Flash, para hacker akan melanjutkan penetrasi melalui celah keamanan pada kernel sistem operasi Windows dan menempatkan sebuah backdoor disana. Dan jika backdoor tersebut telah terpasang, maka mereka dapat melakukan apapun pada PC yang terinfeksi secara remote.

Saran untuk pembaca yang menggunakan Windows? gunakan Windows asli dan pastikan Windows pembaca selalu terupdate dengan patch-patch terbaru.

Keterangan: Backdoor merupakan sebuah program kecil yang sengaja disisipkan dalam sebuah sistem operasi yang membuka jalan bagi para hackers untuk dapat memasuki, mengawasi, dan mengontrol PC yang terinfeksi dari jarak jauh.

(sumber: TheInquirer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s