Celah keamanan pada Adobe Flash dan Windows sudah mulai dimanfaatkan para hacker, segera lakukan update!

MalwareMasih ingat berita minggu lalu mengenai celah keamanan pada Adobe Flash dan Windows yang ditemukan oleh para peneliti keamanan Google? Atas temuan itu baik Adobe dan Microsoft memang sudah menutup celah keamanannya melalui update yang mulai di-distribusikan pada hari Selasa (waktu AS) 8 November yang lalu. Namun sayangnya, tidak semua pengguna PC dan Notebook sudah melakukan update, kebanyakan cenderung menunda atau bahkan tidak mengupdatenya sama sekali. Kebiasaan ini ternyata menjadi santapan empuk para hacker karena dengan demikian mereka memiliki waktu yang lebih lama untuk mengeksploitasi celah keamanan yang ada.

Trend Micro, salah satu perusahaan pembuat antivirus dan produk  keamanan IT, menyebutkan bahwa mereka mendeteksi peningkatan volume penyerangan yang dilakukan oleh group hacker Fancy Bear atau Pawn Storm. Penyerangan dilakukan untuk memanfaatkan para pengguna PC Windows yang belum melakukan update terhadap aplikasi Adobe Flash dan Windows nya. Trend Micro lebih lanjut menyebutkan bahwa penyerangan para hacker tersebut utamanya menargetkan kantor-kantor duta besar maupun kantor-kantor pemerintahan lainnya.

Para hacker menggunakan metode phising melalui email dengan mengirimkan email undangan mengenai sebuah konferensi CyberSecurity yang akan dilaksanakan pada bulan November ini. Pada email yang dikirimkan tersebut terdapat sebuah attachment berupa dokumen RTF dimana di dalamnya terdapat sebuah file Flash yang jika dibuka akan secara otomatis mendownload file-file lain yang menginfeksi PC pengguna. Jika sudah terinfeksi maka setiap informasi yang ada pada PC tersebut berpotensi dapat dibuka dan dibaca secara remote, dan PC pun dapat dibuat tidak beroperasi dengan benar.

Untuk mengatasi hal ini, solusinya hanya satu,  segera update  Adobe Flash dan Windows yang digunakan. Jangan tunda-tunda lagi.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s