Google Pixel (dan Pixel XL) berhasil di-hack dengan mudah

Smartphone terbaru Google, Pixel dan Pixel XL, pada event kompetisi hacking PwnFest berhasil di-hack oleh para white-hat hacker asal Chine, Qihoo 360. Qihoo 360 memanfaaatkan celah keamanan zero-day yang ada pada Pixel. Pada demonstrasi yang ditunjukkan oleh Qihoo 360, smartphone Pixel dapat diambil alih dengan cara mengirimkan sebuah pesan terlebih dahulu kepada smartphone tersebut, dan jika pesan dibuka, maka program yang telah tertanam akan membuka Google Play serta Google Chrome tanpa sepengetahuan sang pemilik smartphone.

Pada video juga terlihat bahwa setelah menanamkan program ‘jahat’, para hacker memiliki akses penuh terhadap semua file, list kontak, foto-foto, bahkan jalur komunikasi suara. Atas temuan yang telah dilaporkan kepada Google ini, Qihoo 360 mendapatkan hadiah sebesar US$ 120 ribu dan dalam beberapa saat kedepan para programmer Google pun akan disibukkan dengan usaha menutup celah keamanan tersebut agar smartphone kebanggaannya menjadi lebih aman.

Total hadiah yang diterima oleh Qihoo 360 sebetulnya adalah sekitar US$ 520 ribu karena mereka juga berhasil meng-hack browser Edge pada Windows 10 serta Adobe Flash.

Saksikan video demonstrasinya di bawah ini:

(sumber: PWNFest via GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s