Workstation mini dengan performa high-end: HP Z2 Mini G3

hp-z2

Dengan ukuran hanya 21,59 x 21,59 x 5,88 mm, spesifikasi yang diusung workstation mini dari HP ini ternyata sangat canggih. Pada konfigurasi tertinggi, HP Z2 Mini G3 dapat diisi dengan processor Intel Xeon E3-1200v5, Nvidia Quadro M620 2GB, memori DDR4 SO-DIMM 32 GB, serta hard disk 2,5 inci berkapasitas 1TB dan SSD 512 GB dengan format M.2. Opsi processor lebih “normal” seperti Intel Core i3/i5/i7 sudah tentu juga tersedia.

Karena di-desain untuk dapat menghandle processor dan GPU berperforma tinggi, maka sistem pendinginan pada HP Z2 Mini G3 ini dirancang dengan sangat serius. lihat saja ukuran heatsink dan kipas internal yang terbilang besar. Asyiknya, walaupun memiliki sistem pendinginan yang mumpuni, workstation mini HP ini justru 63% lebih hening daripada PC mini keluaran HP lainnya, dan karena diposisikan sebagai workstation, maka proses testing yang dilakukan terhadap HP Z2 ini tiga kali lebih ketat daripada PC biasa.

hp-z2-internal

Sebagai workstation canggih, dukungan port nya pun tidak lagi terikat dengan teknologi lama seperti USB 2.0. Semua port USB yang tersemat sudah mendukung USB 3.0 (4 buah) dan USB 3.1 Type-C (2 buah). Fitur Gigabit Ethernet LAN, Wireless LAN dan Bluetooth menjadi pelengkap yang membuat HP Z2 Mini G3 ini lebih fungsional.

Workstation imut  yang berbobot sekitar 2 KG ini akan mulai tersedia di pasaran pada bulan Desember nanti dengan harga awal US$ 699. HP memperkirakan bahwa workstation terbaru mereka ini akan populer di kalangan para desainer grafis 2D dan 3D, namun tidak menutup kemungkinan bahwa workstation ini akan juga diterima oleh segmen pasar medis dan finansial karena ukuran ringkasnya.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s