Bocoran spesifikasi Snapdragon 835 muncul

Beberapa saat yang lalu, Qualcomm bersama-sama dengan Samsung, mengumumkan chipset Snapdragon 835 yang diperkirakan akan menyokong smartphone Galaxy S8 milik Samsung tahun depan. Pada saat pengumuman itu, tidak banyak informasi yang dapat digali dari Qualcomm kecuali fakta bahwa Snapdragon 835 akan diproduksi di pabrik Samsung dengan proses pembuatan 10nm yang efisien.

Namun kini, titik cerah mengenai spesifikasi Snapdragon 835 sudah mulai muncul. Sebuah dokumen yang berasal dari China memberikan gambaran mengenai spesifikasi yang akan diusung Qualcomm.

snapdragon-835

Dari informasi diatas, dapat dilihat bahwa Snapdragon 835 nantinya akan menggunakan jumlah core yang lebih banyak, tepatnya 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan Snapdragon 820/821 yang ada saat ini. Jumlah core nya tidak lagi hanya 4-core, namun akan meningkat menjadi 8 core dengan nama core yang disebut-sebut sebagai Kyro 200. GPU yang digunakan adalah Adreno 540, sedangkan jumlah channel memori RAM nya akan menjadi 4x LPDDR-1866. Pada bagian bawah bocoran informasi tersebut, terlihat juga bahwa chipset ini akan digunakan pada Samsung Galaxy S8 yang diperkirakan akan meluncur pada event MWC 2017 nanti.

Pembaca yang jeli tentu juga melihat bahwa selain Snapdragon 835 (MSM8998), Qualcomm juga akan meluncurkan chipset kelas menengah yang baru yang diberi nama Snapdragon 660 (MSM8976 Plus). Spesifikasi Snapdragon 660 ini, walaupun diposisikan pada kelas menengah, namun ternyata cukup menggiurkan karena pada dasarnya spesifikasnya hampir sama dengan apa yang diusung Snapdragon 820/821 yang merupakan chipset high-end saat ini.

Dari bocoran ini, Snapdragon 835 sepertinya akan menjadi chipset monster dengan kekuatan dan performa luar biasa. Bayangkan, dengan jumlah core 4 seperti saat ini saja, Snapdragon 821 mampu menduduki posisi 3 besar dari sisi performa, apalagi jika nanti Snapdragon 835 memiliki jumlah core dua kali lipat. Semoga saja masalah panas tidak akan terulang lagi pada Snapdragon 835. Yuk kita tunggu kehadirannya pada awal tahun 2017 nanti.

(sumber: Anzhuo via PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s