Malware Cobalt yang menjangkiti jaringan ATM di 14 negara membuat bank pusing tujuh keliling

Sedikitnya di 14 negara, termasuk Rusia, Inggris, Belanda, serta Malaysia, jaringan ATM beberapa banknya sudah terjangkiti oleh malware Cobalt. Sebuah jaringan ATM yang telah dihinggapi Cobalt berpotensi dapat dikontrol dari jarak jauh untuk mengeluarkan seluruh isi uang di lokasi ATM yang dikehendaki pada waktu yang ditentukan oleh para hacker.

Ilustrasi ATM

Ilustrasi mesin ATM

Aksi hacker seperti ini tidak lagi hanya ada dalam film-film action semata namun sudah menjadi kenyataan. Ini dipertegas oleh pernyataan dari sebuah firma keamanan Group IB yang menyebutkan bahwa insiden seperti ini sudah mulai meluas di Eropa dimana seorang hacker mampu mengontrol jaringan ATM tanpa terdeteksi para penyedia jasa keamanan IT.  Yang lebih mengagetkan adalah kenyataan bahwa pembobolan ini dapat dilakukan tanpa biaya pembuatan atau pembelian software yang mahal, tools nya sudah tersedia di jaringan situs ilegal.

Melalui malware Cobalt ini, seorang hacker dapat bekerjasama dengan beberapa orang lainnya untuk mengatur waktu dimana dan kapan sebuah mesin ATM dibuat untuk mengeluarkan uang dan orang yang telah menunggu ditempat yang sudah ditentukan akan dengan mudahnya mengumpulkan uang yang dikeluarkan oleh mesin ATM tersebut. Semua proses hacking ini dilakukan tanpa perlu kontak fisik dengan mesin ATM yang menjadi target.

Lebih lanjut Group IB mengatakan bahwa angka kerugian terbesar yang pernah dialami sebuah jaringan ATM bank akibat tindakan pembobolan jarak jauh ini adalah sebesar £300,000 atau sekitar 5 miliar rupiah.

(sumber: The Inquirer)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s