Program AI “DeepMind” milik Alphabet mampu membaca gerakan bibir lebih akurat daripada seorang profesional

deepmind_logo

Perkembangan teknologi Artifical Intelligence atau kecerdasan buatan memang sangat mengagumkan, salah satunya berkat kemampuan hardware komputasi yang kini semakin cepat dan canggih. Salah satu proyek AI terkenal adalah proyek DeepMind milik Alphabet (holding company yang membawahi Google). Sebelumnya DeepMind membuat geger dunia karena melalui program AlphaGo-nya mampu mengalahkan juara dunia permainan Go, Lee Sedol, kini DeepMind kembali membuat para pemerhati AI tercengang karena keberhasilannya “membaca” gerakan bibir lebih akurat daripada seorang pembaca bibir profesional.

Setelah para peneliti University of Oxford dan Alphabet “melatih” DeepMind dengan cara membiarkannya menganalisa acara-acara TV selama 5000 jam, DeepMind mampu membaca gerakan bibir yang ada pada 200 clip video yang dipilih secara acak dengan tingkat akurasi sampai dengan 46,8 persen, sementara seorang pembaca gerakan bibir profesional mencapai angka 12,4 persen. Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa bagi dunia AI. Bayangkan apa yang dapat dilakukan DeepMind beberapa tahun kedepan setelah ia belajar banyak hal di dunia ini.

Dengan perkembangan AI yang kini begitu pesat, keberadaan supercomputer à la Skynet seperti pada film Terminator mendadak bukan lagi hanya fiksi ilmiah. Siapkah kita menerimanya?

(sumber: CNET)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s