Sistem tiket kereta api dan bis dalam kota San Fransisco terkena malware

Pada hari Jumat, 25 November yang lalu, sistem pengaturan tiket dan rute kereta dan bis dalam kota San Fransisco terjangkiti malware yang melumpuhkan operasional normal. Dinas Perhubungan Kota San Fransisco terpaksa menggunakan kertas dan tulisan tangan untuk mengatur rute bagi para pengemudi bis, bahkan pada hari Jumat dan Sabtu yang lalu, mereka juga terpaksa menggratiskan tiket bagi para penumpang kereta.

Kereta di San Fransisco - sumber gambar: YouTube

Kereta di San Fransisco – sumber gambar: YouTube

Seluruh komputer pada tempat penjualan tiket menampilkan tulisan “You Hacked, ALL Data Encrypted” dan sama sekali tidak dapat digunakan. Selain menampilkan tulisan tersebut, setiap layar komputer menampilkan alamat email serta permintaan tebusan sebesar US$73 ribu dalam bentuk BitCoin. Ciri-ciri malware yang menyerang sistem tiket dan rute bis dan kereta San Fransisco ini sangat mirip dengan malware Mamba dan HDDCryptor yang ditemukan pada bulan September lalu oleh Morphus Labs dan Trend Micro.

Sebagian besar sistem tiket dan rute mulai kembali beroperasi pada hari Minggu, 27 November lalu. Juru bicara Dinas Perhubungan Kota San Fransisco, Kirsten Holland, menyebutkan bahwa: “Keamanan operasional dan data para pelanggan tidak terpengaruh. Masalahnya kini sudah terisolasi dan kami sedang berusaha untuk mengembalikan operasional sistem secara keseluruhan”.

Berita hack yang akhir-akhir ini semakin sering muncul sudah seyogyanya membuat kita para pengguna perangkat sistem informasi menjadi lebih waspada, bukan berarti menjadi takut, tapi ini membuktikan bahwa ancaman terpaparnya sistem komputer baik itu komputer pribadi maupun komputer perusahaan benar-benar ada.

(sumber: Ars Technica)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s