Delphi, Mobileye, dan Intel bekerjasama dalam pembuatan sistem mobil otonom

delphi-automotive-systemsGoogle dan Tesla selama ini menjadi dua nama yang sering muncul dalam konteks riset mobil otonom. Tesla bahkan mengklaim bahwa sejak bulan Oktober yang lalu, setiap mobil yang diproduksinya sudah memiliki kapabilitas (secara hardware) untuk menjadi mobil yang berjalan secara otonom penuh, namun mereka belum mengaktifasi fitur otonomnya karena software yang tertanam di mobil-mobil Tesla masih dalam tahap ujicoba. CEO Tesla menyebutkan bahwa tahun 2017 menjadi awal diaktifkannya fitur otonom penuh pada mobil-mobil produksi Tesla. Pada mobil-mobil terbarunya, Tesla sudah menanamkan nVidia Drive PX 2 sebagai otak dari sistem otonom penuhnya.

Lalu bagaimana dengan Intel? Tidakkah ia tertarik dengan teknologi mobil otonom ini? Ternyata ya, Intel masih tertarik untuk mengembangkan teknologi mobil otonom walaupun tidak secara langsung. Adalah Delphi dan Mobileye yang menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem mobil otonom yang nantinya akan ditawarkan ke produsen-produsen mobil terkemuka.

Mobil otonom memerlukan sebuah sistem pintar yang mampu menerima dan mengolah data realtime yang sangat kompleks. Setiap aliran data yang diperoleh dari kamera di sekeliling mobil, radar di berbagai posisi, serta lidar (radar berbasis sinar laser) harus dapat diproses oleh sistem otonom secara bersamaan untuk menentukan tindakan terbaik ketika menghadapi kondisi lalulintas yang tidak ramah.

Dalam mengembangkan sistem mobil otonom nya, Delphi memilih Intel karena Intel dianggap memiliki kapabilitas produksi dan kemampuan teknis yang mumpuni untuk dapat menyediakan hardware yang berkinerja tinggi. Sistem milik Delphi diklaim mampu mengetahui posisi mobil dengan akurasi sampai dengan 10 sentimeter walaupun tidak terhubung dengan GPS dan dapat melakukan navigasi otonom tanpa harus ada rambu-rambu lalulintas serta dapat mendeteksi keberadaan pejalan kaki dengan sudut pandang 360 derajat.

Delphi dan Mobileye bekerja pada keahliannya masing-masing, dimana Delphi fokus pada software otonom, sensor-sensor dan integrasi sistem, sementara Mobileye fokus kepada sistem pemetaan, Artificial Intelligence, serta Computer Vision. Saat ini Delphi dan Mobileye sedang melakukan ujicoba di Singapura dan tahun depan, mereka berencana melanjutkan ujicoba nya di Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Pada bulan Januari 2016 nanti, bertepatan dengan event CES di Las Vegas, Delphi dan Mobileye akan mendemonstrasikan kapabilitas mobil otonomnya untuk menjalani rute sepanjang 10 KM di jalur-jalur kompleks di Las Vegas, Nevada. Sistem mobil otonom Delphi, Mobileye dan Intel ini akan siap masuk ke jalur produksi pada tahun 2019 nanti.

Video mengenai sistem otonom Delphi dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: CNet dan Delphi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s