Salto, Robot kecil yang mampu melakukan lompatan besar

Para peneliti robotika di University of California, Berkeley, membuat sebuah robot yang mereka namakan Salto (SAltatorial Locomotion on Terrain Obstacles) yang mampu melompat tinggi ke udara dan memantulkan dirinya ke tembok atau permukaan vertikal lainnya untuk mencapai ketinggian tertentu.

Salto - UC Berkeley

Salto – UC Berkeley

Salto berukuran relatif kecil, hanya sekitar 25 cm jika direntangkan namun ia dapat melompat setinggi hampir 100 cm dari posisi diam. Kemampuan lompatan Salto sebetulnya sudah termasuk baik namun jika menilik kemampuan Salto yang dapat melakukan manuver seperti hal nya seorang parkour melompat membuatnya terlihat lebih mengagumkan.

Desain Salto mengambil inspirasi dari Galago, seekor binatang mirip monyet asal Afrika yang memiliki kemampan melompat yang istimewa. Galago mampu melompat sebanyak 5 kali berturut-turut dalam waktu 4 detik sehingga jarak lompat totalnya menjadi jauh. Robot Salto sendiri tercatat sebagai robot dengan kemampuan melompat vertikal yang tertinggi untuk ukuran mini-nya, sekitar 1,75 meter per detik.

Penelitian robot Salto memang masih dalam tahap awal, namun para peneliti berharap bahwa suatu saat, robotnya ini akan dapat melalui permukaan tak beraturan dan melompati rintangan dengan mudah. Laboratorium Riset Angkatan Darat Amerika Serikut turut mendukung program riset robot Salto ini.

Video bagaimana Salto melakukan lompatan-lompatan kecilnya dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: CNetYouTube dan Wikipedia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s