Qualcomm Centriq 2400, processor 48-core terbaru Qualcomm untuk Datacenter

Semakin banyak nya Mega-Datacenter untuk aplikasi Cloud yang menggunakan aplikasi-aplikasi opensource membuat Qualcomm melihat peluang besar untuk menyaingi dominasi Intel. Saat ini, dapat dibilang 99% Datacenter di dunia menggunakan server-server dengan platform Intel. Namun kemajuan arsitektur ARMv8 dilihat Qualcomm sebagai potensi bagi dirinya untuk mengusik Intel di singgasana-nya. Dan untuk membuktikan keseriusannya di dunia datacenter, Qualcomm baru-baru ini memperkenalkan processor 48-core terbarunya yang dinamakan Qualcomm Centriq 2400.

centriq

Qualcomm Centriq 2400 merupakan processor berorientasi performa yang khusus dibuat untuk aplikasi-aplikasi datacenter saat ini dan masa yang akan datang. Qualcomm Centriq 2400 memiliki 48-core ARMv8 dengan proses fabrikasi 10nm yang efisien daya. Walaupun Qualcomm belum secara terbuka memberikan angka-angka performa processor ini, namun secara spesifikasi, Qualcomm Centriq 2400 memiliki jumlah core yang 2 kali lipat lebih banyak daripada processor tercepat Intel Xeon yang saat ini “hanya” memiliki 24-core, dan dengan proses fabrikasi 10nm yang lebih efisien dibandingkan 14nm pada processor Intel, maka tidak heran jika nantinya ternyata Qualcomm Centriq 2400 memiliki tingkat efisiensi daya yang lebih baik daripada apa yang dicapai oleh Intel.

Qualcomm menyebutkan bahwa Qualcomm Centriq 2400 saat ini masih dalam tahap pengetesan di beberapa partner Qualcomm dan processor ini akan mulai tersedia luas pada kuartal kedua tahun 2017 nanti. Menarik untuk menyimak apa yang akan dilakukan Intel untuk menghadang “gangguan” dari Qualcomm ini karena Qualcomm (dengan arsitektur ARM-nya) tidak boleh dianggap remeh. Lihat saja dominasi chipset Qualcomm berbasis ARM yang digunakan pada setiap smartphone, tablet, dan gadget lainnya saat ini. Intel sebaiknya segera bangun dan membuka matanya lebar-lebar.

(sumber: Qualcomm)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s