Standar baru Bluetooth 5 sudah hadir, 2x lebih cepat dan 4x lebih jauh jangkauannya dibandingkan Bluetooth 4

bt5Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengumumkan bahwa standar Bluetooth 5 sudah tersedia. Banyak perbaikan dan peningkatan performa yang sudah disematkan pada Bluetooth 5 ini. Dibandingkan dengan Bluetooth 4, B-SIG menyebutkan bahwa Bluetooth 5 memiliki kecepatan transfer lebih cepat 2x dengan jangkauan yang 4x lebih jauh.

Kemunculan Bluetooth 5 ini dirasakan tepat ketika hampir semua perangkat saat ini lebih mengarah kepada koneksi nirkabel. Lihat saja booming perangkat IoT (Internet of Things), termasuk CCTV, sistem kunci rumah, bahkan sampai dengan mainan anak-anak yang menggunakan koneksi wireless. Lihat juga keputusan beberapa produsen gadget untuk menanggalkan port headphone (Colek Apple 🙂 ) dan menggantikannya dengan headphone berbasis Bluetooth. Dengan Bluetooth 5, maka setiap perangkat yang menggunakan standar ini akan menikmati kehandalan koneksi yang jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Bluetooth SIG lebih lanjut menyebutkan bahwa produk-produk yang menggunakan standar baru Bluetooth 5 akan mulai bermunculan dalam jangka waktu 2 – 6 bulan kedepan.

Update 15.12.2016: Situs sammobile.com menginformasikan bahwa Samsung Galaxy S8 akan menjadi salah satu smartphone yang mengimplementasikan Bluetooth 5.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s