Western Digital meluncurkan jajaran Hard Disk dan SSD baru dengan target pasar bisnis

Akusisi yang dilakukan Western Digital terhadap HGST (Hitachi Global Storage Technology) dan Sandisk ternyata merupakan keputusan yang sangat tepat. Dengan mengakusisi kedua perusahaan tersebut, portofolio produk yang dapat ditawarkan Western Digital menjangkau lebih banyak variasi pelanggan dengan lebih banyak variasi teknologi. Perlu hard disk mekanis kapasitas besar dengan teknologi terbaru? WD memilikinya. Perlu hard disk mekanis biasa dengan harga ekonomis? WD juga punya. Perlu SSD untuk konsumen reguler? WD siap. Bahkan kini untuk konsumen bisnis yang memerlukan SSD untuk Server di Datacenter-pun WD sudah punya pilihan.

Baru-baru ini, Western Digital, meluncurkan beberapa lini produk baru dengan fokus pada dunia bisnis (Datacenter). Produk yang diluncurkan meliputi sebuah hard disk mekanis berkapasitas 12 TB, dua jenis SSD berkapasitas sampai dengan 8 TB dengan format 2,5 inci dan kartu PCIe, dan yang terakhir adalah SSD SAS (Serial Attached Storage) berkapasitas sampai dengan 7,68 TB.

HGST Ultrastar 12TB HDD (HGST’s Ultrastar He12)

ultrastar-12-tbHard disk ini merupakan hard disk mekanis yang berputar dengan kecepatan 7200 RPM yang memiliki teknologi terbaru seperti PMR (Perpendicular Magnetic Recording) serta HelioSeal. Teknologi PMR dipergunakan untuk memaksimalkan kapasitas sebuah plat hard disk, sedangkan HelioSeal menggunakan gas helium dalam ruang hard disk yang kedap untuk meningkatkan kehandalan produk yang memang ditujukan untuk penggunaan di Datacenter ini.

Dari sisi perfoma, hard disk Ultrastar 12 TB ini mampu melakukan operasi baca sampai dengan 243 MB/s dengan tingkat MTBF 2,5 juta jam. Performa seperti ini terlihat biasa saja bila dibandingkan dengan sebuah SSD, namun untuk sebuah hard disk mekanis, performa ini tentu sangat baik.

Ultrastar 12 TB tersedia dengan interface SATA 6 GB/s dan SAS 12 GB/s.

 

 

Ultrastar 8TB SN200 SSDs

ultrastar-sn200Produk kedua yang diperkenalkan adalah produk SSD dengan nama Ultrastar 8TB SN200 SSDs. Produk ini tersedia dalam dua bentuk fisik, pertama dalam bentuk SSD reguler 2,5 inci dan yang kedua dalam bentuk kartu ekspansi berbasis PCIe. Keduanya tersedia dengan kapasitas sampai dengan 8 TB. Dan yang membedakan keduanya adalah performa maksimum yang dapat dicapai, dimana SSD 2,5 inci mampu melakukan operasi baca tulis sampai dengan 3,3 / 2,1 GB/s sedangkan SSD PCIe sampai dengan 6,1 / 2,2 GB/s. Ultrastar 8TB SN200 SSDs dijamin oleh WD dengan garansi selama 5 tahun.

 

Ultrastar SS200 12Gb/s SAS SSD

ultrastar-ss200Produk ketiga, juga sebuah SSD yang berbentuk SSD 2,5 inci namun dengan interface SAS yang semakin diterima di kalangan pengguna Datacenter. SAS memiliki keunggulan dalam hal kehandalan karena dilengkapi oleh dua port koneksi redundant yang saat ini belum banyak dimiliki oleh SSD berbasis NVMe. Ukuran SSD yang tersedia sangat beragam, mulai dari 400 GB sampai dengan maksimal 7,68 TB. Kecepatan yang mampu dicapai adalah 1,8 GB/s untuk operasi baca, dan 1 GB/s untuk tulis.  Sementara itu, garansi produk yang diberikan WD adalah 5 tahun.

 

(sumber: Tom’s Hardware)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s