[Updated] Kodak Ektra: Smartphone dengan kamera kualitas tinggi ala Kodak

Bicara soal kamera, sudah pasti nama Kodak menjadi salah satu nama yang muncul di benak para pecinta fotografi. Kodak memang tidak lagi menjadi nama yang dominan seperti dahulu, namun Kodak masih tetap eksis dan masih berusaha mencoba untuk kembali ke masa kejayaannya.

kodak-smartcam-1

Sejalan dengan kenyataan bahwa sebagian besar foto-foto yang beredar di media sosial merupakan foto yang dihasilkan oleh sebuah smartphone, maka sudah merupakan tindakan logis jika Kodak pun memberikan perhatian lebih kepada pasar smartphone.

Setelah gagal dengan produk smartphone camera (atau camera smartphone?) IM5, Kodak kini mencobanya lagi dengan produk Kodak Ektra.  Dari sisi fisik, Kodak Ektra lebih terkesan seperti sebuah kamera saku dibandingkan dengan sebuah smartphone. Lihat saja bagian luarnya yang dibalut dengan bahan bertekstur seperti kulit seperti hal nya pada kamera-kamera klasik Kodak. Lihat juga tonjolan di salah satu sisinya yang berfungsi sebagai pegangan. Juga dengan tonjolan lensa besarnya yang menguatkan fokusnya pada kualitas fotografi. Dan, ah ya, ada tombol shutter besar yang memudahkan penggunanya untuk mengambil foto dengan cepat.

kodak-smartcam-2

Namun dibalik kesan kamera saku nya, bagian dalam Kodak Ektra ternyata memiliki spesifikasi yang lumayan oke. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony dengan resolusi 21 MP, aperturenya f2.0, dilengkapi dengan OIS serta flash dua LED, dan teknologi dari Arcsoft yang disebut-sebut akan membuat hasil foto malam hari menjadi lebih baik. Kamera selfienya pun mengusung sensor yang besar, 13 MP, sehingga hasil jepretannya semestinya memiliki tingkat detail yang bagus.

Untuk memastikan bahwa smartphone ini memilki performa yang memadai untuk memproses semua hasil foto itu. Kodak menyematkan chipset Helio X20 dari MediaTek pada Kotak Ektra ini. Memori RAM nya 3GB dengan penyimpanan internal 32 GB yang dapat diekpansi dengan sebuah kartu microSD. Layar smartphone 5 inci-nya memiliki resolusi cukup tajam, 1080 x 1920 pixels. Baterainya berukuran 3000 mAh, dengan sistem operasi Android versi 6.0 Marshmallow.

kodak-smartcam-3

Dari sisi software, Kodak Ektra memiliki fitur Scene Selection Dial seperti halnya pada kamera digital saat ini. Scene Selection Dial mempermudah penggunanya untuk memilih setting fotografi yang paling pas bergantung kepada lingkungan dan objek yang difoto, ada beberapa pilihan setting standar yang disediakan yaitu: Manual, Landscape, Sports, dan Macro.

Beberapa aplikasi photoediting seperti Snapseed, Adobe Lightroom, VSCO, dan Prisma juga dipaketkan secara default oleh Kodak.

Kodak Ektra baru tersedia di negara-negara Eropa untuk sementara ini. Harga nya sekitar £449/€499. Pihak Kodak menyatakan bahwa mereka secara kontinyu akan memonitor kepopuleran Ektra, dan jika ternyata peminatnya dianggap banyak, maka Kodak akan memasarkannya di negara-negara lain di luar Eropa.

Untuk informasi serta beberapa contoh foto, kunjungi situs resmi Kodak disini.

Update 11/12/2016: Kodak Ektra kini sudah mulai tersedia di Eropa dengan harga resmi €499. Kapan masuk ke Indonesia?

(sumber: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s