AMD Ryzen, nama resmi processor baru AMD untuk menantang dominasi Intel

Masih ingat nama AMD Zen? Yup, itu adalah kode nama yang sering muncul ketika berbicara mengenai processor masa depan AMD yang diharapkan akan dapat berhadapan langsung dengan processor keluaran Intel. Kini secara resmi, AMD telah mengumumkan nama processor terbarunya nanti, AMD Ryzen.

ryzen-1
Ryzen memang belum siap beredar sekarang ini, karena AMD masih tetap menyebutkan bahwa processor terbarunya ini akan siap digunakan masal pada kuartal pertama tahun 2017 nanti. Namun AMD memberikan beberapa informasi spesifikasi yang cukup menggiurkan.

Pada awal peluncurannya nanti, AMD Ryzen akan diperkenalkan sebagai processor yang memiliki 8 buah core dengan 16 thread. Kecepatannya mencapai angka 3,4 GHz dengan ukuran L2 dan L3 cache yang mencapai 20 MB. Sebuah angka-angka yang mampu menyaingi apa yang ditawarkan Intel dengan processor Core i7-6900K. Namun AMD tidak berhenti disini, berbagai macam teknologi terdepan lainnya akan turut dijejalkan pada AMD Ryzen.

Selain mengusung standar memori DDR4 terbaru, PCIe generasi ke-3, USB 3.1 generasi ke-2, NVMe, serta SATA Express, AMD Ryzen juga dilengkapi dengan beberapa teknologi unik AMD yang dipadukan dalam istilah AMD SenseMI.

ryzen-2

ryzen-3

ryzen-4

AMD SenseMI merupakan kumpulan dari 5 fitur unggulan AMD yang terdiri dari teknologi Pure Power, Precision Boost, Extended Frequency Range, Neural Net Prediction, serta Smart Prefetch. Kelimanya diimplementasikan pada processor AMD Ryzen untuk mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan daya sambil juga mengutamakan peningkatan performa signifikan. Teknologi Neural Net Prediction dan Smart Prefetch akan menjadi fitur unik yang berhubungan dengan performa, dimana kedua fitur ini menggunakan konsep Artificial Intelligence di dalam processor untuk memprediksi instruksi, kebutuhan data, serta pattern akses data. Dengan sistem yang pintar ini, maka setelah proses pembelajaran, AMD Ryzen akan mampu menyediakan data serta jalur internal tercepat dalam mengeksekusi instruksi.

Jika semua angka serta istilah diatas terkesan hanya diatas kertas, jangan pesimis dulu, karena pada event baru-baru ini, AMD secara terbuka membandingkan AMD Ryzen dengan sebuah Intel Core i7-6900K yang menjalankan aplikasi Handbrake dan Blender. Ternyata dalam demonstrasi tersebut, AMD Ryzen mampu menggungguli tipis skor yang diperoleh Intel dan hebatnya juga, pencapaian skor tersebut dapat dilakukan AMD dengan tingkat penggunaan daya yang juga sedikit lebih efisien dari angka pencapaian Intel.

Memang, pembaca yang jeli akan segera menyela dengan menyebutkan bahwa AMD membandingkan processor terbarunya melawan processor Intel generasi ke-6, padahal kini Intel telah mengeluarkan processor generasi ke-7 nya. Namun tetap saja, kemampuan AMD untuk menyiapkan sebuah processor yang sedikit banyak akan membuat gugup Intel adalah pertanda baik bagi kita pengguna PC. Jika pada akhirnya AMD Ryzen berharga sangat kompetitif, sudah tentu banyak calon pembeli PC yang akan bergabung dengan kubu AMD, walaupun mungkin performa nya sedikit lebih lamban. Dan dengan demikian maka Intel pun tidak lagi semena-mena dalam menentukan harga jual produknya. Kita akan diuntungkan bukan? Yuk kita tunggu saja kiprah AMD tahun depan ini.

(sumber: AMD dan PCPer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s