Galileo: Layanan navigasi satelit pesaing GPS dan Glonass akan mulai beroperasi 15 Desember besok

satelit-galileo
Hampir semua gadget yang beredar saat ini memiliki chip yang mampu membaca sinyal GPS untuk menentukan posisi real-time. GPS yang semula diperuntukkan bagi militer, kini menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari bahkan pada level personal seperti pada sebuah smartphone. Saat ini terdapat dua standar navigasi satelit yang ada di dunia, satu adalah GPS milik Amerika Serikat lalu ada pula Glonass milik Rusia, namun sebentar lagi standar itu akan bertambah satu dengan kehadiran sistem navigasi satelit bernama Galileo milik negara-negara Eropa.

Kehadiran Galileo yang telah dipersiapkan selama 17 tahun lebih ini membuka babak baru sistem navigasi di dunia. Galileo memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan teknologi GPS dan Glonass. Layanan gratis dari sistem navigasi ini memungkinkan sebuah perangkat penerima sinyal Galileo dapat menentukan posisi real-time nya dengan tingkat akurasi sekitar 1 meter, sedangkan versi berbayarnya, mampu memberikan tingkat akurasi sampai dengan satuan sentimeter!

Selain lebih akurat, Galileo juga bekerja lebih cepat dalam hal penguncian sinyal satelit. Dan walaupun baru diperkenalkan, namun jumlah satelit Galileo yang beredar di orbit saat ini sudah mencapai 18 satelit, dengan 8 buah lagi akan diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan. Asyiknya, beberapa chipset yang digunakan pada smartphone sebetulnya sudah kompatibel dengan Galileo, cukup sebuah upgrade firmware akan memungkinkan smartphone tersebut menangkap sinyal satelit Galileo yang lebih cepat dan akurat. Qualcomm menyebutkan bahwa perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon generasi terbaru seperti 820, 650, 617, ataupun 435 sudah mendukung sinyal satelit Galilieo ini.

(sumber: ESA via GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s