Synaptics memperkenalkan pemindai sidik jari baru untuk smartphone

synaptics_logoPemindai sidik jari kini sudah banyak digunakan di hampir setiap perangkat smartphone kelas menengah ke atas, bukan mustahil dalam waktu tidak terlalu lama lagi, smartphone entry-level pun akan mendapatkan fitur serupa. Pemindai sidik jari memang merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat smartphone (dan berbagai macam gadget lainnya) lebih aman, namun pemindai sidik jari model lama seringkali membuat produsen smartphone terpaksa mengorbankan estetika desain dengan posisi pemindai yang berada di bagian depan (bersama tombol home) ataupun di bagian belakang. Namun nanti semua itu sepertinya akan berubah.

Setelah beberapa saat yang lalu Qualcomm memperkenalkan teknologi pemindai sidik jari ultrasonik, kini giliran Synaptics yang memperkenalkan teknologi baru pemidai sidik jari miliknya. Jika melihat penjelasan dari pihak Synaptics, diperkirakan bahwa pemindai baru mereka ini tidak menggunakan gelombang ultrasonik seperti pada pemindai Qualcomm, namun menggunakan teknologi optik. Synaptics menyebut bahwa pemindai sidik jarinya ditempatkan di lapisan bawah layar kaca depan sebuah smartphone dan dapat digunakan pada smartphone dengan kaca melengkung 2.5D. Dengan demikian, jika produsen smartphone juga mengimplementasikan tombol ‘home’ sentuh, maka smartphone dapat didesain tanpa tombol fisik samasekali pada bagian depannya.

Pengumuman teknologi pemindai sidik jari baru ini memunculkan spekulasi desain Samsung Galaxy S8 yang disebut-sebut memiliki bagian depan yang seluruhnya dilapisi kaca dengan bezel yang sangat tipis. Spekulasi ini bukan tanpa alasan, karena Synaptics adalah salah satu supplier tetap bagi smartphone-smartphone keluaran Samsung.

Synaptics juga menyebutkan bahwa pemindai sidik jarinya tetap mampu membaca sidik jari ketika jari dalam keadaan lembab ataupun basah.

Apakah Samsung menjadi vendor smartphone pertama yang mengimplementasikan teknologi Synaptics ini? kita tunggu saja sebentar lagi, karena Samsung Galaxy S8 diperkirakan akan segera muncul pada kuartal pertama tahun 2017 nanti.

(sumber: PhoneArena dan Synaptics)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s